Development of POE (Predict-Observe-Explain) Oriented Learning Device to Improve Students' Problem-Solving Ability on Environmental Change Material
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abrory, M., & Kartowagiran, B. (2014). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Matematika SMP Negeri Kelas VII di Kabupaten Sleman. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 2(1), 50–59.
Ahmadiyanto. (2016). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Ko-Ruf-Si ( Kotak Huruf Edukasi ) Berbasis Word Square pada Materi Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan di Indonesia Kelas VII C SMP. Jurnal Kependidikan Kewarganegaraan, 6 (2), 980–993. http://ppjp.ulm.ac.id/jpournal/index.php/pkn/article/view/2326/2034
Algiranto, Sarwanto, & Marzuki, A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model POE (Predict, Observe, Explain) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses. Seminar Nasional Pendidikan Fisikan 2018, 3, 22–27.
Daud, N. A., Lukum, A., Pikoli, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran POE untuk Meremediasi Miskonsepsi Siswa SD pada Konsep Cahaya. Normalita (Jurnal Pendidikan), 8 (1).
Falah, S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Listrik Dinamis Berbasis Poe (Predict-Observe-Explain) untuk Meningkatkan Penalaran dan Pemahaman Konsep Siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(2), 96–102.
Fitriani, A., Zubaidah, S., Susilo, H., & Al Muhdhar, M. H. I. (2020). The Effects of Integrated Problem-Based Learning, Predict, Observe, Explain on Problem-Solving Skills and Self-Efficacy. Eurasian Journal of Educational Research, 2020(85), 45–64. https://doi.org/10.14689/ejer.2020.85.3
Husniyah, H., Hidayati, Y., Qomaria, N., & Munawaroh, F. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model POE Dengan Teknik Concept Mapping pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi. Natural Science Education Research, 2(2), 123–132. https://doi.org/10.21107/nser.v2i2.6239
Hastiana Yetty, Rusdy A. Siroj, & Irma. (2021). Development of Electronic Magazine Teaching Materials for Key Determination and Cladograms in Ethnobotany and Phytochemical Studies. Bioeduscience, 5(2), 131–136. https://doi.org/10.22236/j.bes/526787
Jannah, N. L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran POE ( Predict , Observe , Explain ) untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Program Studi PGMI, 4(1), 133–150.
Latjompoh, M. (2018). Validitas Perangkat Pembelajaran Berorientasi Keterampilan Proses Sains untuk Melatih Kemampuan Berpikir dan Menanamkan Karakter Bagi Siswa SMA Kota Gorontalo. In Prosiding Seminar Nasional Hayati, 6, pp. 470-477
Lebdiana, & Sulhadi N.Hindarto, R. (201). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Suhu dan Kalor Berbasis POE (Predict-Observe-Explain) untuk Meremediasi Miskonsepsi Siswa. Unnes Physics Education Journal, 4(2), 1–6.
Mastang, M., & Rapi, M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Kelas X MIA SMA. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 9(1), 64. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v9i1.1385
Masitah. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Memfasilitasi Guru Menumbuhkan Rasa Tangung Jawab Siswa SD terhadap Masalah Banjir. Proceeding Biology Education Conference, 15(1), 40–44.
Mustami, M. K. (2017). Validitas, Kepraktisan, dan Efektivitas Perangkat Pembelajaran Biologi Integrasi Spiritual Islam Melalui Pendekatan Saintifik. In Al-Qalam (Vol. 23, Issue 1, p. 70). https://doi.org/10.31969/alq.v23i1.392
Masnah, M., Syahmani, S., & Kusasi, M. (2018). Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Inkuiri Berbantuan Schoology untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengetahuan dan Keterampilan Metakognisi pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan, P., Kusasi, M., Brigjend Hasan Basry Banjarmasin, J. H., & Selatan Indonesia, K. (2018). Development Learning Tools Using Inquiry Learning Model Assisted by Schoology to Increase Cognitive and Metacognitive Skills in The Topic Solubitlity and Constant Solubitlity. Journal of Chemistry and Education, 1(3), 225–236.
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Purboningsih, D. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Guided Discovery pada Materi Barisan dan Deret untuk Siswa SMK Kelas X. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, 467–474. http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-68.pdf
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sudarisman, S. (2015). Memahami Hakikat dan Karakteristik Pembelajaran Biologi dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. 403-749-1-Sm_2. Journal Florea, 2(1), 29–35. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JF/article/view/403
Ulfa, M. N., Sutoyo, S., & Prastowo, T. (2020). The Validity of Teaching Materials using POE Model to Increase the Student’sxCriticalxThinking Skills inxJuniorxHigh School on the Pressure Topic. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 5(6), 1403–1409. https://doi.org/10.38124/ijisrt20jun604
Yazid, K. (2016). Validitas Buku Saku Materi Ekologi Untuk Siswa Kelas X SMA. BioEdu, 5(3), 249196
DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v8i3.3150
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Windari Windari, Masra Latjompoh, Marini Susanti Hamidun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus (JPBN) by LPPM Universitas Labuhanbatu is under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - SA 4.0). Official contact: Rivo +6281362238917