Validity and Practicality Test of STEAM-Based E-Booklet on Food Microbiology Course
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, N. I., Yuniawatika, & Tri M. (2020). Pengembangan E-Booklet Berbasis Karakter Kemandirian dan Tanggung Jawab Melalui Aplikasi Edmodo Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(3), 282-291. http://dx.doi.org/10.17977/um038v3i32020p282
Apriani, R., Harun, A. I., Erlina, E., Sahputra, R., & Ulfah, M. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Multipel Representasi dengan Bantuan Teknologi Augmented Reality untuk Membantu Siswa Memahami Konsep Ikatan Kimia. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(4), 305–330. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i4.23260
Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Edisi Revisi. Rajawali Pers: Jakarta
Degeng, I. N. S., Eddy, S., Yodie, E. P. R., Relly, P., Endra, P., Asrorul, M., & Usman. (2021). The Effect of PBL-based STEAM Approach on The Cognitive and Affective Learning Outcomesof Primary School. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(6), 2390–2399. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i6.5521
Fajarini, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar IPS. Jember: Syair Gema Maulana.
Fitriani, L., & Krisnawati, Y. (2019). Pengembangan Media Booklet Berbasis Keanekaragaman Jenis Jamur Makroskopis. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 2(2), 143–151. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v2i2.977
Gonibala, A., Pikoli, M., & Kilo, A. La. (2019). Validitas Perangkat Pembelajaran Materi Ikatan Kimia Berbasis Model Pembelajaran Pemaknaan Untuk Melatihkan Sensitivitas Moral Siswa SMA. Jambura Journal of Educational Chemistry, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.34312/jjec.v1i1.2067
Hamka, D., & Effendi, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo Pada Mata Kuliah Fisika Dasar di Program Studi Pendidikan IPA. Journal of Natural Science and Integration, 2(1), 19-29. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i1.7111
Harahap, S. R., Fauziyah, H., & Hasruddin. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Mikrobiologi Pangan Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(3), 187-192, https://jurnal.unimed.ac.id
Harahap, I. A., Helendra., Farma, S. A., & Syamsurizal. (2020). Validity of the Human Respyratory System Booklets as Learning Suplement for Students Class VIII Junior High School. Bioeducational Journal, 4(2), 103-110. https://doi.org/10.24036/bioedu.v4i2.272
Hasruddin, H., & Lestari, E. (2020). Analisis Kemampuan STEAM Berbasis Gender pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria Siswa. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(3), 181-188. https://doi.org/10.24114/jpp.v8i3.17236
Hendriyani, W., Hasnunidah, N., & Yolida, B. (2020). Pengembangan Buku Penuntun Praktikum Sistem Peredaran Darah Manusia dengan Model Argument-Driven Inquiry (ADI). Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 24-32. https://doi.org/10.34289/bioed.v5i1.1455
Hidayati, N., Irmawati, F., & Prayitno, T. A. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Biologi Melalui Multimedia STEM Education. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(2), 84–92. https://doi.org/10.31932/jpbio.v4i2.536
Hoiroh, A. M. M., & Isnawati, I. (2020). Pengembangan Media Booklet Elektronik Materi Jamur untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(2), 292–301. https://doi.org/10.26740/bioedu.v9n2.p292-301
Kristiana, E., Amin, M., & Lestari, U. (2016). Analisis Kebutuhan Buku Ajar Berbasis Riset Matakuliah Genetika di Universitas Jember. Prosiding Seminar Nasional Biologi/IPA dan Pembelajarannya. Jurusan Biologi FMIPA UM, Malang, Oktober 2016, https://ejurnal.budiutomomalang.ac.id. Accessed on 09Th August 2024.
Muliawan, W., Sarwati, S., & Andriyana, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Sma Kelas X Berbasis Science, Tecnology, Engineering, Arts, And Mathematics (STEAM) Terintegrasi Literasi Sains. Jurnal Perspektif Pendidikan, 16(2), 271–277. https://doi.org/10.31540/jpp.v16i2.2001
Muslina, M., Halim, A., & Khaldun, I. (2018). Kelayakan Media Animasi Hukum Newton Ii Tentang Gerak Pada Bidang Miring Dan Katrol Di Sma Kabupaten Aceh Besar. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 1(1), 64–72. https://doi.org/10.24815/jipi.v1i1.9568
Mustaqim, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1), 36–48. https://doi.org/10.21831/jee.v1i1.13267
Nevrita, N., Asikin, N., & Amelia, T. (2020). Analisis Kompetensi TPACK pada Media Pembelajaran Guru Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 203–217. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16709
Novita., Hidayati., & Masril. (2018). Pengaruh Penggunaan Modul Berorientasi Pendekatan Saintifik Dalam Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Pembelajaran Fisika Kelas Xi Di Sman 1 Bukittinggi. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 11(2): 89-96. http://dx.doi.org/10.24036/2731171074
Panjaitan, R. G. P., Wahyuni, E. S., & Mega, M. (2019). Film Dokumenter Sebagai Media Pembelajaran Submateri Zat Aditif. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(2), 52–59. https://doi.org/10.31932/jpbio.v4i2.454
Prananda, A., Mahadi, I., & Suzanti, F. (2022). Pengembangan E-Booklet Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat Balajar Peserta Didik (Discovery Learning-Based E-Booklet Development For Increase Students Interest Learning). Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 277–286. https://doi.org/10.31849/bl.v9i2.11688
Putri, N. M., & Saino. (2020). Pengembangan buklet sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran pengelolaan bisnis ritel materi perlindungan konsumen kelas XI BDP di SMKN Mojoagung. JPTN, 8(3): 925-931. https://doi.org/10.26740/jptn.v8n3.p925-931
Riduwan. (2013). Pengantar Statistika untuk Pelatihan Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sam, N. F., & Rahayu, E. (2022). Implementasi Pendekatan STEAM pada Mata Kuliah Bioteknologi Pangan Sebagai Upaya Mitigasi Learning Loss. Jurnal Biotek, 10(1), 66–82. https://doi.org/10.24252/jb.v10i1.28649
Sary, A. L., & Isnawati, I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Berbasis Edible Mushroom Pada Materi Fungi Untuk Meningkatkan Minat Berwirausaha Siswa Biologi Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 12(1): 218-228. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/46470
Slameto., Wardani, N. S., & Kristin, F. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Riset untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Prosiding Konser Karya Ilmiah Nasional Vol. 2. ISSN: 2460-5506
Sunarno, W. (2018). Pembelajaran IPA di era revolusi industry 4.0. Makalah utama dalam seminar nasional pendidikan fisika IV 2018 di universitas PGRI Madiun Tanggal 25 Juli 2018. ISSN: 2527-6670. https://prosiding.unipma.ac.id. Accessed on 09Th August 2024.
Wahidah, N. H., & Ruhmawati, T. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media E-Booklet terhadap Pengetahuan Pencegahan Obesitas pada Remaja. Jurnal Kesehatan Siliwangi, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.34011/jks.v3i1.1047
Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 269–279. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835
DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v10i3.6129
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Rizka Ramadani Dalimunthe, Hasruddin Hasruddin, Mufti Sudibyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus (JPBN) by LPPM Universitas Labuhanbatu is under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - SA 4.0). Official contact: Rivo +6281362238917