Development of Student Worksheets Based on Project Based Learning Model to Improve Concept Understanding in The Biology Learning: Respiratory System Material
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriyani, N. F., & Prihandono, T. (2017). Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa Kelas XII Pada Materi Pokok Gelombang Cahaya Di SMA. FKIP E-Proceeding, 2(1), 1-5
Astiti, D. O., Farida, & Pratiwi, D. D. (2022). Peningkatan kemampuan berpikir matematis dan pemahaman konsep dengan menerapkan model peembelajaran cmi berbantuan rme. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 35–44.
Audin, S., Sukariasih, L., & Syarifuddin. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Model Problem Based Learning pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas XI. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(2), 90–98. https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i2.4
Barlenti, I., Hasan, M., & Mahidin, D. (2017). Pengembangan Lks Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 81–86. http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi
Tarigan, T.D.A.B. (2024). Pergendangen Development Of Student Worksheets ( Lkpd ) Based On Project Based Learning ( PjBL ) Science Learning In Class V State Elementary School. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Saintek, Sosial, dan Hukum (PSSH) Volume 3, 70.1–11. https://jurnal.semnaspssh.com/index.php/pssh
Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846
Fakhrah, F., Muhibbuddin, M., & Sarong, M. A. (2014). Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Materi Pengklasifikasian Phylum Arthropoda Melalui Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction). Jurnal Biotik, 2(2), 93–98.
Febriyanti, T., & Hakim, N. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning (PjBL) Pada Matei Pencemaran Lingkungan Untuk Kelas X SMA. Biodik, 9(3), 78–85. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i3.28078
Khofifah, S. A., Lubis, P. H. M., & Kesumawati, N. (2023). Pengembangan Lkpd Berbasis Project Based Learning Pada Materi Perubahan Bentuk Energi Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4641–4654.
Meltzer, D. E. (2002). The Relationship Between Mathematics Preparation And conceptual learning gain in physics:A possible inhidden Variablei in Diagnostic pretest scores. Am J. Phys, 70(12), 1259-1268. https://doi.org/10.1119/1.1514215
Mufit, F., Asrizal, A., & Puspitasari, R. (2020). Meta-Analysis of the Effect of Cognitive Conflict on Physics Learning. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 6(2), 267–278. https://doi.org/10.21009/1.06213
Mundy, J. F. (2000). Principles and standards for school mathematics: A guide for mathematicians. Notices of the American Mathematical Society, 47(8), 868–876.
Mutiarahman, W., Edriati, S., & Suryani, M. (2023). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematics Education pada Materi Peluang. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 159–170. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1232
Ningsih, W. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Students Teams Achievement Division (STAD) Menggunakan Bahan Ajar Gamifikasi Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Nisa’, A., Sudarmin, & Samini. (2015). Efektivitas Penggunaan Modul Terintegrasi Etnosains Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Unnes Science Education Journal, 4(3), 1049–1056. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej
Nita, R. S., & Irwandi, I. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Model Project Based Learning (PjBL). Bioedusains: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 231–238. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2503
Nugraha, M. S., Rosdianto, H., & Sulistri, E. (2022). Korelasi Antara Pemahaman Konsep Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Phi Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 3(3), 29-34. https://doi.org/10.22373/p-jpft.v3i3.14843
Nurcahyati, S. A., Haji, S., & Agustinsa, R. (2024). Pengembangan LKPD berbasis project based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMPN 6 Seluma. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 126–141. https://doi.org/10.33654/math.v10i1.2350
Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2), 149–160. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i2.950
Prastuti, M. M. D., Sukarmin, S., & Aminah, N. S. (2018). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreativitas Siswa Pada Materi Kalor Dan Perpindahannya. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 168-181. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v7i2.31680
Rahmi, F., Fetisyed, F., Hamdi, H., & Sari, S. Y. (2019). Pembuatan LKPD Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Aplikasi Course Lab Pada Materi Usaha, Energi, Momentum, Dan Impuls SMA. Pillar of Physics Education, 12(3), 497–504.
Ramayanti, S., Utari, S., & Saepuzaman, D. (2018). Application of the scientific approach to improve the mastery of concepts and science process skills of high school students on work and energy. Universitas Pendidikan Indonesia, 3, 254–259. http://science.conference.upi.edu/proceeding/index.php/ICMScE/issue/view/3%7CICMScE2018
Riduwan, R. (2016). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: CV. Alfabeta
Rismawati, M., Sudrajat, A., & Rahayu, A. H. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan hasil Belajar IPA Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Edukasi Sebelas April (JESA), 6(1), 113–118.
Sakinah, S. B., Idrus, A. Al, & Syukur, A. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Ekosistem Mangrove Melalui Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Tentang Ekosistem di SMAN 1 Lembar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1245–1251. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1258
Sari, L., Taufina, T., & Fachruddin, F. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Menggunakan Model PJBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 813–820. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.434
Selian, K. A., Anas, N., & Reflina, R. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas XI. Jupeis : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(4), 66–78. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol2.iss4.837
Sugandi, A. I., & Bernard, M. (2018). Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa Smp. Jurnal Analisa, 4(1), 16–23. https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.2364
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta
Suranti, N. M. Y., Gunawan, G., & Sahidu, H. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta didik pada Materi Alat-alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2), 73–79. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.292
Tascı, B. G. (2015). Project Based Learning from Elementary School to College, Tool: Architecture. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 186, 770–775. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.130
Thiagarajan, S.,Semmel, D.S., & Semmel, M. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System.
Torrence, N. D., John, S. E., Gavett, B. E., & O’Bryant, S. E. (2016). An Empirical Comparison of Competing Factor Structures for the Repeatable Battery for the Assessment of Neuropsychological Status: A Project Frontier Study. Archives of Clinical Neuropsychology, 31(1), 88–96. https://doi.org/10.1093/arclin/acv057
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills_ Learning for Life in Our Times -Jossey-Bass. Journal of Sustainable Development Education and Research, 2(1), 12-243
Triwahyuni, E. (2017). Pengaruh Pemahaman Konsep IPA Melalui Pendekatan Discovery Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Wringinagung 1 Kecamatan Jombang Kabupaten Jember. Inovasi, 19(1), 1–7.
Ulia, N., & Sari, Y. (2018). Pembelajaran Visual, Auditory dan Kinestetik Terhadap Keaktifan dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 175-190. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.2890
DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v10i3.6407
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Tri Agustina, Syarifah Widya Ulfa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus (JPBN) by LPPM Universitas Labuhanbatu is under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - SA 4.0). Official contact: Rivo +6281362238917