PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA PADA MATERI SKALA DAN PERBANDINGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 4 KUALUH SELATAN

JON ARLEN PARILIAN MANULLANG

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi skala dan perbandingan di kelas VII SMP Negeri 4 Kualuh Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kualuh Selatan. Sampel penelitian diambil secara acak sehingga diperoleh dua kelas sampel. Kelas eksperimen mendapat pendekatan pembelajaran matematika realistik dan kelas kontrol mendapat pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan tes kemampuan berfikir kreatif. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA) dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi skala dan perbandingan di kelas VII SMP Negeri 4 Kualuh Selatan dapat dilihat dari nilai koefisien determinasi R-Square sebesar 0.516 atau 51,60%. Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 51,60% variasi variabel dependent (kemampuan berfikir kreatif matematis siswa) dapat dijelaskan oleh 2 variabel independent (pendekataan pembelajaran matematika realistik dan pembelajaran konvensional), artinya pengaruh variabel independen terhadap perubahan variabel dependen adalah 51,60%, sedangkan sisanya sebesar 49.40% dipengaruhi oleh variabel lain selain variabel independen.. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan pendekatan pembelajaran matematika realistik pada pembelajaran matematika  dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika yang inovatif.


References


Anjarwati, Y. Maghfirotun, S.M. & Lukito, A. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Geometri Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Di Kelas IV SDN 1 Pule Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek. Jurnal Review Pendidikan Dasar. Volume 2. Nomor 1. Januari 2016

Arief, F. 2005. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan, Cet. II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Asmin & Mansyur, A. 2014. Pengukuran dan Penilaian Hasil Belajar dengan Analisis Klasik dan Modern. Medan: LARISPA

Cockroft, W. H. 1982. Mathematics Counts, Report of the Commitee of Inguiry Into the Teaching of Mathematics in School. London: Her Majesty’s Stationery Office.

Enden. 2006. The Effectiveness Of Brain Based Learning. New York : Prija Usta

Fauzi, M.A. 2002. Pembelajaran Matematika Realistik Pada Poko Bahasan Pembagian di SD. Tesis tidak diterbitkan. Surabaya:Program Pascasarjana Universitas Ngeri Surabaya

Fajriah, N. & Asiskawati, E. Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Di SMP. Edu-Mat Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 3. Nomor 2. Oktober 2015

Gravemeijer, Koeno. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: CD-b Press. The Netherlands.

Ghufron, M. N. & Rini, R.S. 2014. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hidayat, Jayanti, dkk. Pembelajaran RME (Realistic Matematics Education) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik pada Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Volume 2. Nomor 1. Januari 2018.

Johnson, D. J, & Mycklebust, H. R. 1967. Learning Disabilities. New York:Grume & Stratton.

Kadir. 2015. Statistika Terapan (Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian). Yogyakarta: Rajawali Pers.

Mahmudi, Ali. 2009. Mengukur KemampuanBerpikir Kreatif Matematis. Makalah pada Konferensi Nasional Matematika XV. FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Manurung, P. Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berpikir Siswa. Journal Of Education Technology. Volume 6. Nomor 3. Januari 2009.

Marpaung, Y. Reformasi Pendidikan Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basis. Volume 5. Nomor 2. April 2004.

PISA 2015. 2016. Result in Focus, What 15-year-olds knomw and whay they can do with what they know.OECD, Programme for International Student Assesment.

Putra, A. P. Karim. & Ati. R. S. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 6. Nomor 1. April 2018

Rizka, N. Y. Made, I. S. & Mediaty, U. A. Efektivitas Permainan Bingo dalam Pembelajaran Program Aplikasi Kelas VII SMP Negeri 25 Purworejo. Edu Komputika Journal. Volume 4. Nomor 1. Agustus 2017.

Rosnawati, R. 2009. Enam Tahapan Aktivitas Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Mendayagunakan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Makalah ini disajikan dalam Seminar Nasional Revitalisasi MIPA dan Pendidikan MIPA dalam Rangka Penguasaan Kapasitas Kelembagaan dan Profesionalisme Menuju WCU, FMIPA UNY, Yogyakarta, 16 Mei

Ruseffendi, E.T (1991). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

___________. (2004). Landasan Filosofis dan Psikhologis Pembelajaran Matematika Realistik.Makalah disampaikan pada Lokakarya Pembelajaran Matematika Realistik Bagi Guru SD di Kota Bandung tgl. 7,13, dan 14 Agustus 2004. Bandung: Tidak Diterbitkan.

Saragih, S. ( 2007). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis dan Komunikasi Matematika Siswa SMP melalui Pendekatan Matematika Realistik.Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Bandung; Disertasi (Tidak diterbitkan).

Saragih, R. M. B. (2011), Peningkatan Pemecahan Masalah MatematikaSiswaMelalui PMR.Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Medan: Tesis (Tidak diterbitkan).

Soejadi, R. 2007. Masalah Kontekstual Sebagai Batu Sendi Matematika Sekolah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah.

Stones, E. 1984. Psychology of Education: A Pedagogical Approach. New York: Methuen & Co. Ltd.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. 2001. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

. (2003). Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Sukriadi. Kartono. & Wiyanto. Analisis Hasil Penilaian Diagnostik Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dalam Pembelajaran PMRI Berdasarkan Tingkat Kecerdasan Emosional. Unnes Mathematics Education Research. Volume4. Nomor 2. November 2015

Sumarmo, U. Mahmudi, A. 2009.Strategi Mathematical Habits of Mind (MHM) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis.Makalah disajikan dalam Konferensi Nasional Pendidikan Matematika III, Unimed, Medan, 23-25 Juli.

Sunarto. 2009. Pembelajaran Konvensional. Yogyakarta : Sentosa Media

Suparno, P. 2001. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget.Yogyakarta: Kanisius.

Tim MKPBM. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung:JICA, Universitas Pendidikan Bandung.

Titikusumawati, E. Penerapan pembelajaran pendidikan matematika realistik (PMR) melalui learning cycle untuk meningkatkan pemahaman dan aplikasi konsep peluang siswa SMAN 1 Plosoklaten Kediri oleh Eni Titikusumawati. Jurnal pendidikan Matematika. Volume 5. Nomor 2. Oktober 2008.

Uno, H.B. 2009.Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatfi dan Efektif. Jakarta:Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.36987/jmapen.v1i2.1871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.