PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KELAS X SMK SWASTA AZ ZAHRA SONOMARTANI TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

misni lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Solving terhadap keterampilan berpikir kritis siswa  kelas X SMK Swasta Az Zahra Sonomartani Tahun Pembelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode true exsperimental design. Lokasi penelitian dilakukan di SMK Swasta Az Zahra Sonomartani. Populasi pada penelitian ini semua peserta didik kelas X yang berjumlah 99 orang dengan sampel yang berjumlah 33 orang yang diambil dengan cara di rendom. Populasi selanjutnya dipilih 2 kelas untuk menentukan mana kelas ekperimen dan kelas kontrol. Kelas X Bisnis Manajemen sebagai kelas Eksperimen yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving dan kelas X Teknik Komputer dan Jaringan sebagai kelas Kontrol yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji-t. Hasil tes menunjukkan nilai rata-rata dari dari 33 peserta didik pada kelas eksperimen yaitu 73,42 dengan standar deviasi 3,182 dan pada kelas kontrol dari 30 peserta didik nilai rata-rata sebesar 71,45 dengan standar deviasi 3,051. Berdasrakan hasil pengujian hipotesis yang menggunakan independen t-test dihitung dengan menggunakan IBM SPSS Stastics Versi 20 for windows diperoleh thitung > ttabel yaitu (2,566 > 1,671) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Solving terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas X SMK Swasta Az Zahra Sonomartani Tahun Pembelajaran 2019/2020.

 

Kata kunci : Problem Solving, Trigonometri Kemampuan Berpikir Kritis.


References


Abdurrahman, Mulyono., 2013. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Ahmadi, Ruslan., 2014. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Ar-ruzz Media. Cetakan ke-1.

Ahmad, Susanto., 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran Disekolah. Jakarta : Prenada Media.

Arend, R.I., 2012. Learning to Teach Ninth Edition. New York : McGraw-Hill

Acep Yoni, dkk. 2014. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakartya : Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain., (2009) Strategi Belajar dan Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Dewey., 1972. Experience and Education. New york . Collier Books.

Dike, D., 2008. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Model TASC (Thinking Actively in a Social Contest) Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian. Volume 1. Nomor.2.

Dwi Afnan Puji Astuti, Slameto, Eunice Widyanti Setyaningtyas (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Probelm Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI SMA. Program Studi Pendidikan Guru Matematika – FKIP – UKSW – Salatiga.

Fisher, A., 2008. Berpikir Kritis : Sebuah Pengantar. Jakarta : Erlangga.

Fogarty, R.,1997. Problem Based Learning and Multiple Intelligences Classrrom. Melbourne : Hawker Brownlow Education.

Hamdani., 2014. Strategi Belajar Mengajar. Bandung. Pustaka Setia.

Husna, Fona Fitry Burais. (2018). Penggunaan Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Jurnal Peluang, Vol. VI, No. 2 ISSN : 2302 – 5158.

Nasution., 2013. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Polya, G. (2003). How To Solve It. New Jersey : Princeton University Press.

Putri Mayasari, A. Halim, dan Suhrawardi Ilyas. 2013. Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Generik Sains Siswa SMP. Jurna; Pendidikan Sain Indonesia. Vol. 1. No. 1.

Sutikno, Sobry., 2014. Metode & Model-Model Pembelajaran Menjadikan Proses Pembelajaran Lebih Variatif, Aktif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan. Lombok : Holistica.

Sudjana, Nana., 2002. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.




DOI: https://doi.org/10.36987/jmapen.v2i1.1884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.