PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSINGTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kualuh Selatan sebanyak 138 siswa dan terdistribusi dalam 5 kelas.pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling dan terpilih siswa pada kelas VIII-2 sebagai sampel. Desain yang digunakan adalah pretest dan postest control group design.
Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Mann-Withney U. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model problem posing. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa model pembelajaran problem posing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.DOI: https://doi.org/10.36987/jmapen.v2i1.1886
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL MAHASISWA PENDIDIKAN (JMAPEN)
Indexed by:
JMAPEN