PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR PKN PADA MATERI POKOK MEMBANGUN KESADARAN BERBANGSA DAN BERNEGARA KESATUAN KELAS X SMA SWASTA AEK NABARA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Abstract
Yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahuitingkat persentase keberhasilan siswa jika menggunakan model pembelajarankooperatif tipe STAD. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian iniadalah bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadaphasil belajar siswa kelas X SMA Swasta Aek nabara Tahun Pembelajaran2015/2016.Instrumen yang digunakan adalah angket yang berjumlah 40 item danhasil belajar siswa yang berbentuk pilihan berganda yang terdiri dari 40 soal yangdiambil dari buku Pkn kelas X. Penelitian ini menggunakan rumus korelasiproduck moment, maka diperoleh nila I rhitung 0. 416 dan nilai rtabel 0,361berdasarkan perbandingan diperoleh rhitung > rtabel, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran koperatif STAD terhadap hasil belajarsiswa dan untuk menguji kebenaran koefisien digunakan rumu s uji t dengan nilaithitung 2,65 dan nilai ttabel 1,701 pada taraf signifikan dengan α = 0,05karena thitung > ttabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak atau ada hubunganyang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadaphasil belajar siswa.Setelah korelasi di dapat maka disubstitusikan ke analisisregresi dengan ketentuanY= a + bx maka dari data korelasidiperoleh Y= 77,5+ 0,130 (20,57).Hasil belajar dikategorikan baik, hal ini dapat dilihat darinilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 80,01 dan menurut pendapatArikunto, hasil belajar ini berada pada rentang 70-80 (baik). Selanjutnya denganuji determinasi diperoleh kontribusi model pembelajaran kooperatif tipe STAD
terhadap hasil belajar siswa 17.31 % sedangkan 82,69 % dipengaruhi olehfaktor lain.
Kata Kunci :Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
Adinawan dan Sugijono. 2007. Matematika Untuk SMP Kelas VIII. Jakarta:Erlangga.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Depdikas. 2005. “Penulisan Karya Ilmiah†dalam Materi Pelatihan TerintegrasiJilid 3. Jakarta: Depdikas Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama
Frebianti. 2004. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Hudoyo, H. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud Dika
PPLPTK
Hudoyono. 2002. Strategi Pembelajaran dan Penelitian Tindakan Kelas.Bandung: JICA. Universitas Indonesia
Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada
Karso, DKK. 1993. Dasar-Dasar Pendidikan MIPA. Jakarta: Depdikbud
Ramayulis. 2005. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Rosmaini. 2004. Perancanaan pengajaran dan Hasil Belajar Siswa. Jakarta:Rineka Cipta
Ruseffendi, E.T. 1998. Membantu Guru Membangun Kompetensinya DalamPelajaran Matematika. Bandung: Tarsito
Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum Pembelajaran Teori dan Praktek PengembanganKurikulum Tingkat dan Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenada MediaGroup
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: RinekaCipta
Sudjana, Nana. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:Rosdakarya
Suhendri. 2006. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Matematis Siswa SMAMelalui Problem Centered Learning (PCL). [tesis]. Bandung: UniversitasPendidikan Indonesia.
Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Walber. 2005. Problem-Centered Math. Chichago: Supply Chain Management.
Wheatley. 1993. Problem-Centered Learning in Mathematics and Science. NorthCalifornia: SouthEastern Regional Vision for Education.
Wibawa, Basuki. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: DepDikNas.
DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v1i1.1517
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY :
Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu
Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia
This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)