PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR PKN PADA MATERI POKOK MEMBANGUN KESADARAN BERBANGSA DAN BERNEGARA KESATUAN KELAS X SMA SWASTA AEK NABARA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Ika Ikhwana

Abstract


Yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahuitingkat persentase keberhasilan siswa jika menggunakan model pembelajarankooperatif tipe STAD. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian iniadalah bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadaphasil belajar siswa kelas X SMA Swasta Aek nabara Tahun Pembelajaran2015/2016.Instrumen yang digunakan adalah angket yang berjumlah 40 item danhasil belajar siswa yang berbentuk pilihan berganda yang terdiri dari 40 soal yangdiambil dari buku Pkn kelas X. Penelitian ini menggunakan rumus korelasiproduck moment, maka diperoleh nila I rhitung 0. 416 dan nilai rtabel 0,361berdasarkan perbandingan diperoleh rhitung > rtabel, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran koperatif STAD terhadap hasil belajarsiswa dan untuk menguji kebenaran koefisien digunakan rumu s uji t dengan nilaithitung 2,65 dan nilai ttabel 1,701 pada taraf signifikan dengan α = 0,05karena thitung > ttabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak atau ada hubunganyang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadaphasil belajar siswa.Setelah korelasi di dapat maka disubstitusikan ke analisisregresi dengan ketentuanY= a + bx maka dari data korelasidiperoleh Y= 77,5+ 0,130 (20,57).Hasil belajar dikategorikan baik, hal ini dapat dilihat darinilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 80,01 dan menurut pendapatArikunto, hasil belajar ini berada pada rentang 70-80 (baik). Selanjutnya denganuji determinasi diperoleh kontribusi model pembelajaran kooperatif tipe STAD

terhadap hasil belajar siswa 17.31 % sedangkan 82,69 % dipengaruhi olehfaktor lain.

Kata Kunci :Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Adinawan dan Sugijono. 2007. Matematika Untuk SMP Kelas VIII. Jakarta:Erlangga.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Depdikas. 2005. “Penulisan Karya Ilmiah†dalam Materi Pelatihan TerintegrasiJilid 3. Jakarta: Depdikas Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama

Frebianti. 2004. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Hudoyo, H. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud Dika

PPLPTK

Hudoyono. 2002. Strategi Pembelajaran dan Penelitian Tindakan Kelas.Bandung: JICA. Universitas Indonesia

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada

Karso, DKK. 1993. Dasar-Dasar Pendidikan MIPA. Jakarta: Depdikbud

Ramayulis. 2005. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Rosmaini. 2004. Perancanaan pengajaran dan Hasil Belajar Siswa. Jakarta:Rineka Cipta

Ruseffendi, E.T. 1998. Membantu Guru Membangun Kompetensinya DalamPelajaran Matematika. Bandung: Tarsito

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum Pembelajaran Teori dan Praktek PengembanganKurikulum Tingkat dan Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenada MediaGroup

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: RinekaCipta

Sudjana, Nana. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:Rosdakarya

Suhendri. 2006. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Matematis Siswa SMAMelalui Problem Centered Learning (PCL). [tesis]. Bandung: UniversitasPendidikan Indonesia.

Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Walber. 2005. Problem-Centered Math. Chichago: Supply Chain Management.

Wheatley. 1993. Problem-Centered Learning in Mathematics and Science. NorthCalifornia: SouthEastern Regional Vision for Education.

Wibawa, Basuki. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: DepDikNas.




DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v1i1.1517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




INDEXED BY :

  

Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu

Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia



This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)