PERAN DAN FUNGSI BAHASA INDONESIA DALAM MANAJEMEN PEMASARAN

Fauziah Hanum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan fungsi bahasa Indonesia dalam manajemen pemasaran. Pemasaran merupakan unsur yang sangat penting dalam sebuah usaha. Apabila dirata-ratakan hampir 95% kesuksesan suatu usaha dipengaruhi oleh pemasaran.Dalam hal ini dibutuhkan seorang manajemen pemasaran yang baik, kreatif dan berkualitas yang mampu memasarkan sebuah produk,sehingga produk tersebut dapat diterima oleh konsumen atau masyarakat luas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif dengan teknik kualitatif.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran dan fungsi bahasa Indonesia dalam manajemen pemasaran sangat besar, hal ini dapat terlihat pada penguasaan bahasa yang digunakan seorang marketing dalam menyampaikan sebuah produk.Untuk itu dalam memasarkan sebuah produk,seorang marketing membutuhkan komunikasi. Komunikasi adalah alat penyampaian pesan kepada orang lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara kedua belah pihak. Alat komunikasi yang digunakan adalah bahasa. Bahasa sebagai alat komunikasi memiliki peran tersendiri dalam sebuah usaha/bisnis. Tanpa adanya bahasa,komunikasi tidak dapat berjalan dengan baik. Bahasa merupakan alat untuk mengekspresikan diri, alat komunikasi dan sarana untuk kontrol sosial. Bahasa adalah alat komunikasi yang paling efektif untuk menyampaikan ide,pesan,tujuan,perasaan dan menyampaikan pendapat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan fungsi bahasa Indonesia dalam manajemen pemasaran. Oleh karena itu segala aktivitas manusia sebagai penutur dan pengguna bahasa dapat dilihat dari cara seseorang menggunakan bahasa tersebut. Gagasan,ide,pikiran,harapan dan keinginan dapat disampaikan melalui bahasa.
Kata Kunci : Peran dan Fungsi Bahasa , Manajemen Pemasaran


Full Text:

PDF

References


Chaer,Abdul.1994. Linguistik Umum.Jakarta : Rineka Cipta

Arifin,E.Zaenal.2008.Cermat Berbahasa Indonesia .Jakarta: Akademika Presindo

Kotler,Philip.1993.Manajemen Pemasaran.Jakarta : Erlangga

Fuad,M et.al.2005.Pengantar Bisnis.Jakarta:Gramedia

Sukirno,Sadana.2011.Pengantar Bisnis (ed.1).Jakarta:Gramedia

Rewoldt, H.Stewart et.al. 1991.Strategi Promosi. Jakarta : Rineka cipta

Foster,Douglas.1981.Prinsip - Prinsip Pemasaran.Jakarta : Erlangga

Sanusi Ahmad. 2015.Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung : Pustaka Setia




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v1i1.1397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

ECOBISMA (Journal of Economics, Business and Management) [p-ISSN: 2477-6092] [E-ISSN: 2620-3391] managed by the Faculty of Economics and Business, Labuhanbatu University is disseminated under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-Share Alike 4.0 International License.
Based on work at http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.