PENGARUH EDUKASI DAN SOSIALISASI SEKOLAH PASAR MODAL BURSA EFEK INDONESIA TERHADAP MOTIVASI MEMBELI SAHAM DI GALERI INVESTASI UNIVERSITAS LABUHAN BATU

Yudi Prayoga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh edukasi dan sosialisasi sekolah pasar modal terhadap motivasi membeli  saham pada galeri investasi Universitas Labuhan batu khususnya pada mahasiswa jurusan manajemen Universitas Labuhan batu. Secara umum, orang-orang akan melakukan suatu tindakan apabila ada sesuatu hal yang membuat ia tertarik sehingga secara alamiah orang tersebut akan termotivasi untuk memperolehnya. Penelitian ini dilakukan di Galeri investasi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Universitas Labhuan Batu.Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2019. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kuantitatif. Tehnik pengambilan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan survei. Instrumen pengumpulan data yang yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner (angket). Dalam hasil analisis yang dilakukan dalam penelitian didapatkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara edukasi dan sosialisasi sekolah pasar modal bursa efek indonesia terhadap motivasi membeli saham pada  galeri investasi Universitas Labuhanbatu. Pengetahuan atau edukasi mengenai investasi mutlak dibutuhkan bagi seorang calon investor sebelum terjun ke dunia pasar modal atau bisnis. Pengetahuan yang memadai ini akan membentuk kecakapan sesorang dalam menciptakan nilai dan keuntungan dan juga mampu mengelola sebuah resiko yang ada baik kecil maupun besar sehingga mengurangi dampak kerugian yang akan dialami

Keyword : Galeri investasi, Pasar modal, Edukasi, Sosialisasi


Full Text:

PDF

References


Annonim. (2015). 5 hal yang harus Anda ketahui sebelum berinvestasi. Di unduh pada tanggal 30 November 2019 dari http://www.logikabisnis.com /5-hal-yang-harus-anda-ketahui-sebelum-berinvestasi/.

Annonim. (2015). 7 hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum berin vestasi disaham. Di unduh pada tanggal 30 November 2019 dari http: /www.logikabisnis.com/7-hal-yang-harus-anda-pertimbangkan-sebelum-berinvestasi-di-saham/.

Audriene, D. (2016). BEI Bidik Mahasiswa Sebagai Investor Saham Baru. Diunduh pada tanggal 28 November 2019 dari http://www.cnn indonesia.com/ekonomi/20160517180417-78-131405/bei-bidik-mahasiswa-sebagai-investor-saham-baru/.

Fahriani, D. (2012). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK).Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi Vol. 1 No. 12 (2012).

Hadi, N. (2013). Acuan Teoritis dan Praktis Investasi di Instrumen Keuangan Pasar Modal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hendy MF & Tjiptono D. (2001). Pasar Modal di Indonesia, Pendekatan Tanya Jawab. Jakarta: Salemba Empat.

Hutagalung, M.N. (2015). Definisi Return Saham Menurut Ahli . Diunduh pada tanggal 2 Desember 2019 dari http://kumpulan-artikel-sekolah. blogspot.co.id/ 2015/10/definisi-return-saham-menurut-ahli.html.

Khotimah, H., Warsini. S., & Nuraeni, Y. (2016). Pengaruh Sosialisasi dan Pengetahuan Terhadap Minat Investor Pada Efek Syariah di Pasar Modal (Survei Pada Nasabah PT Danareksa Sekuritas Cabang FE-UI Depok). Jurnal terbitan Politeknik Negeri Jakarta, Halaman 423.

Kismono, G. (2011). Bisnis Pengantar (2rd ed). Yogyakarta: BPFE.

Komar. (2016). BEI Catat Kenaikan Jumlah Investor Saham. Diunduh pada tanggal 28 November 2016 dari http://www.topsaham.com/index.php/opi ni/item/955-bei-catat-kenaikan-jumlah-investor-saham.




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v6i2.1401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen) oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Labuhanbatu disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.