PENGARUH PROMOSI, KUALITAS LAYANAN DAN BRAND PREFERENCE TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PADA TOKO BINTANG TERANG MOTOR RANTAUPRAPAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi, kualitas layanan dan brand preference secara parsial dan simultan terhadap tingkat penjualan pada Toko Bintang Terang Motor. jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dengan populasi konsumen Toko Bintang Terang Motor dan diambil sampel yang berjumlah 97, dengan teknik Nonprobability Sampling yaitu Sampling Insidental. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Uji instrument menggunakan uji validitas dan reabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa promosi, kualitas layanan dan brand preference baik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat penjualan pada Toko Bintang Terang Motor.
Â
Kata Kunci: Promosi, Kualitas Layanan, Brand Preference, Tingkat Penjualan.
Full Text:
PDFReferences
Siagian, Hotlan dan Edwin Cahyono. 2014. “Analisis Website Quality, Trust Dan Loyalty Pelanggan Online Shopâ€. Jurnal Manajemen Pemasaran, Fakultas
Ekonomi Universitas Kristen Petra. Vol. 8, No. 2, Oktober 2014.
Halim, Beatrice Clementia dkk. 2014. “Pengaruh Brand Identity terhadap timbulnya Brand Preference dan Repurchase Intention pada Merek Toyotaâ€. Jurnal Manajemen Pemasaran. Fakultas Ekonomi Kristen Petra. Vol. 2, No. 1. November 2014.
Tanjung, Halim A. 2013. “Pengaruh Harga, Citra Merek Dan Personalitas Merek
Terhadap Preferensi Merek Pada Laptop Hewllet Packard (HP)â€. Artikel
ilmiah. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas, Surabaya.
M.Hajid, dkk. 2015. Buku Master SMP/MTS : Ringkasan Materi & Kumpulan Rumus Lengkap. Depok : Puspa Swara.
Alyas, Rano dkk. 2016. “Kualitas Layanan†https://id.wikipedia.org/wiki/Kualitas_layanan. Diakses 28 Februari 2019.
Suryana, Cahya. 2010. “Data Dan Jenis Data Penelitianâ€. https://csuryana.wordpress.com/2010/03/25/data-dan-jenis-data-penelitian/
Diakses 20 Februari 2019.
Karya Tulisku. 2016. “Teknik Pengumpulan Data (Wawancara,Angket dan Observasi)â€. https://karyatulisku.com/2016/04/teknik-pengumpulan-data-
wawancara.html?m=1. Diakses 8 Maret 2019.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Resmi, Siti. 2017. Perpajakan: Teori dan Kasus (Edisi 10). Jakarta : Salemba Empat.
Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. 2014. Metode Penelitian dan Bisnis. Yogyakarta: BPFE.
Ghozali, Imam. 2016. Desain Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, untuk Akuntansi Bisnis, dan Ilmu Sosial Lainnya. Semarang : Yoga Pratama.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.
Kuncoro, Mudrajad. 2010. Masalah, Kebijakan dan Politik, Ekonomika Pembangunan. Jakarta : Erlangga.
Tjiptono, Fandy. 2010. Manajemen Jasa Edisi kedua. Yogyakarta : Andi Offset.
Setiadi,Nugroho J. 2013. Prilaku Konsumen, Edisi Revisi. Jakarta : PT. Kharisma
Putra Utama.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Kumala, Octavianika Benazir. 2012. Pengaruh World Of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Tune Hotels Kuta Bali. Skripsi. Universitas Indonesia, Jakarta.
Arumsari, Dheany. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (ADMK) Merek Aqua. Skripsi. Universitas Diponegoro, Semarang.
Riduwan dan Akdon. 2015. Rumus Dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung : Alfabeta.
Rudianto. 2009. Pengantar Akuntansi. Jakarta : Erlangga.
Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi Yang Kreatif, Edisi Pertama. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Utami, Maqfira Dwi. 2011. Analisis Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Tiket Pada PT. Maniela Tour & Travel Di Makassar. Skripsi. Universitas Hasanuddin, Makassar.
Swastha, Basu. 2010. Manajemen Penjualan, Edisi Ketiga . Yogyakarta : BPFE.
Halim, Abdul dan Karnadi. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Tingkat Penjualan Kerupuk Pada UD. Subandi Rogojampi Banyuwangi. Jurnal Manajemen Pemasaran. Universitas Andurachman Saleh, Situbondo.
Dewi, Chintia Anggar. 2014. “Pengaruh Nama Merek Terhadap Kesadaran Merek Dan Preferensi Merek Minuman Sari Buah Dalam Kemasanâ€. Jurnal Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Vol. 2, No. 4, Oktober 2014.
DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i1.1431
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ECOBISMA (Journal of Economics, Business and Management) [p-ISSN: 2477-6092] [E-ISSN: 2620-3391] managed by the Faculty of Economics and Business, Labuhanbatu University is disseminated under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-Share Alike 4.0 International License.
Based on work at http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.