PENGARUH MODEL EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH BAHASA INDONESIA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS DI UNIVERSITAS LABUHANBATU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model explicit instruction terhadap hasil belajar mata kuliah bahasa Indonesia mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis di UNIVERSITAS LABUHANBATU. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh model explicit instruction terhadap hasil belajar mata kuliah bahasa Indonesia  mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis di Universitas Labuhanbatu. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis di Universitas Labuhanbatu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan model one group pre test-post test desaign. Tes dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar mata kuliah bahasa Indonesia mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis di Universitas Labuhanbatu.Hasil penelitian ini  menunjukkan bahwa mahasiswa yang sebelumnya kurang paham dan kurang aktif dalam proses pembelajaran menjadi lebih aktif. Mahasiswa mampu mengkonstruksikan pemahamannya melalui kerja kelompok dan individu dari materi pembelajaran. Mahasiswa lebih mandiri dan kreatif  karena model explicit instruction memberikan sepenuhnya kepada mahasiswa untuk merencanakan dan mengerjakan tugas mereka dan di apresiasi dalam bentuk presentase kelompok atau unjuk kerja. Setelah menggunakan model explicit instruction menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dengan penerapan model pembelajaran tersebut.
Full Text:
PDFReferences
Arifin, E Zaenal. 2008.Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi.Jakarta:Akademi
Presindo
Arikunto, Suharsimi. 1999. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Bandung: Bumi Aksara
Budiningsih, A. 2005 . Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dahar, Ratna Wilis . 1988. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Darmadi, H. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Dheni. 2006 . Metode pengembangan bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka
Hariyanto. 2005. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Irianto, A. 2004. Statistik. Jakarta: Kencana.
Johnson . 2011.CTL Contextual teaching and learning. Bandung: Kaifa.
Nababan, S dan Utari, S. 1993. Metodologi pengajaran bahasa. Jakarta : Gramedia
Pustaka Utama.
Nugriantoro, B. 1998 . Penilaian dalam pengajaran bahasa dan sastra, Yogyakarta: BTFE
Purwanto. 2011 . Evaluasi hasil belajar, Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran dalam Implemertasi kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenada Media.
Sanjaya. 2010. Strategi Pembelajaran Beroriertrasi Srandar Proses Pendidikan.
Jakarta: Kencana.
Suherman, E. 2001. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika. Dirjen Dikdasmen Depdikbud.
Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i1.1535
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ECOBISMA (Journal of Economics, Business and Management) [p-ISSN: 2477-6092] [E-ISSN: 2620-3391] managed by the Faculty of Economics and Business, Labuhanbatu University is disseminated under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-Share Alike 4.0 International License.
Based on work at http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.