PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP CITRA MEREK COKLAT SILVER QUEEN PADA PT. KOTAMAS PERMAI

Raja Saul Marto Hendry, Daslan Simanjuntak

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh periklanan (advertising), penjualan pribadi (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), dan hubungan masyarakat (public relation) terhadap citra merek coklat Silver Queen. Penelitian ini menggunakan 90 responden sebagai sampel penelitian yang diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Hasil penelitian berdasarkan uji secara serempak (uji F) menunjukkan bahwa secara simultan (serempak) periklanan (advertising), penjualan pribadi (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), dan hubungan masyarakat (public relation) berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek coklat Silver Queen pada PT. Kotamas Permai. Hasil pengujian hipotesis secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa periklanan (advertising), penjualan pribadi (personal selling), promosi penjualan (sales promotion) berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek coklat Silver Queen pada PT. Kotamas Permai, sedangkan hubungan masyarakat (public relation) berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap citra merek coklat Silver Queen pada PT. Kotamas Permai. Berdasarkan hasil uji determinasi diketahui bahwa citra merek dapat dijelaskan oleh periklanan (advertising), penjualan pribadi (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), dan hubungan masyarakat (public relation), sedangkan sisanya 46,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, misalnya reputasi perusahaan, kualitas produk, dan lain sebagainya.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Armaja, Isma Anugerah Mardi. 2007. “Pengaruh Bauran Promosi, Brand Image, dan Customer Reference Terhadap Keputusan Memilih Lembaga Bimbingan Belajar : Studi pada LBB Sony Sugema College Malang”. Jurnal Ekonomi. Malang : Universitas Negeri Malang.

Basu, Swastha dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Penerbit Liberty.

Basu, Swastha dan T. Hani Handoko. 2008. Manajemen Pemasaran : Analisa Perilaku Konsumen. Edisi pertama, Cetakan keempat. Yogyakarta : Penerbit BPFE.

Fitriana, Nur. 2011. “Analisis Bauran Pengaruh Promosi Word of Mouth Terhadap Brand Image dan Proses Keputusan Kunjungan Kebun Raya Bogor”. Jurnal IPB. Bogor : Institut Pertanian Bogor.

Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handayani, Desy, et al. 2010. Brand Operation. Jakarta : Esensi.

Julianto, Andre. 2006, “Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Brand Image sabun Mandi Lifebuoy (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Widyatama) Surabaya”. E-Jurnal Manajemen Vol. 4 No. 5.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran, Edisi Ketigabelas, Jilid Satu. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philips dan Gery Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid I, Edisi kedelapan. Jakarta : Erlangga.

Kuncoro, Mudrajad. 2009. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi (Edisi 3). Jakarta : Erlangga.

Machfoedz, Mahmud. 2006. Pengantar Pemasaran Modern. Cetakan pertama. Yogyakarta : Penerbit Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.

Oentoro, Deliyanti. 2012. Manajemen Pemasaran Modern, Cetakan ketigabelas. Yogyakarta : Pressindo.

Oesman, Marty Yevis, 2010. Sukses Mengelola Marketing Mix, CRM, Customer Value, dan Customer Dependency. Bandung : Alfabeta.

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi Yang Kreatif. Edisi pertama, Cetakan pertama. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Situmorang, Syafrizal Helmi dan Paham Ginting. 2009. Analisis Data Penelitian. Cetakan Kedua. Medan : USU Press.

Subagyo, Ahmad. 2010. Marketing In Business : Studi Kasus UMK & LKM. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Sugiyono. 2011. Statistik Untuk Penelitian. Cetakan kesembilanbelas Bandung : Penerbit Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2006. Pemasaran Jasa. Edisi I. Malang : Bayumedia Pubishing.

Usman, Hardius dan Nurdin Sobari. 2013. Aplikasi Teknik Multivariate untuk Riset Pemasaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Wijayanto, Dian. 2012. Pengantar Manajemen. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v1i2.1577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen) oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Labuhanbatu disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.