PENGARUH MASA KERJA, KEPUASAN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI PADA PT. LINGGA TIGA SAWIT SIGAMBAL

Raja Saul Marto Hendry, Daslan Simanjuntak

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh masa kerja terhadap komitmen organisasi pada PT. Lingga Tiga Sawit Sigambal, 2) untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi pada PT. Lingga Tiga Sawit Sigambal dan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap komitmen organisasi pada PT. Lingga Tiga Sawit Sigambal. Hipotesis penelitian adalah variabel masa kerja berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi pada PT. Lingga Tiga Sawit Sigambal, variabel kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi pada PT. Lingga Tiga Sawit Sigambal dan variabel lingkungan kerja berpengaruh terhadap komitmen organisasi pada PT. Lingga Tiga Sawit Sigambal. Populasi dari penelitian ini adalah karyawan pada PT. Lingga Tiga Sawit Sigambal. Jumlah populasinya adalah sebanyak 39 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) masa kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi pada PT. Lingga Tiga Sawit Sigambal, kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi pada PT. Lingga Tiga Sawit Sigambal dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi pada PT. Lingga Tiga Sawit Sigambal.

 

Kata kunci: Masa kerja, Kepuasan kerja, Lingkungan kerja, Komitmen organisasi

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Syukriy dan Halim, Abdul. 2013. Defesit/Surplus dan SiLPA dalam Anggaran Daerah ~ Apakah saling berhubungan? http://syukriy.wordpress.com/2013/01/01/defisit-dan-surplus-dalam-anggaran-daerah-apakah-saling-berhubungan/.

As’ad. 2006. Psikologi Industri. Liberty: Yogyakarta.

Cahyono, Ari. 2012. “Analisis Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Dosen dan Karyawan di Universitas Pawyatan Daha Kediriâ€, Jurnal Ilmu Manajemen, Revitalisasi Vol. 1 No.1.

Fahmi, Irham. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan penerbit Undip.

Hasibuan, S.P. Malayu. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Kuntjoro, Zainuddin Sri. 2008. Komitmen Organisasi. E-Psikologi, www.epsikologi. co/masalah/2597.02.htm.

Mowday, R.T., Porter, L. W. & Steers, R.M., (2006), The Measurement of Organizational Commitment, Journal of Vocational Behavior, 14, 224-247

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan Cetakan Ke-8. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mathis, Robert, John .H. Jackson. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia jilid 1. Jakarta: Salemba Empat.

Nitisemito, Alex. 2008. Manajemen Personalia: Manajemen SDM. Jakarta. Ghalia Indonesia.

Naz, Ahsan Akhtar., Akbar, Rafaqat Ali Akbar. 2014. “Use of Media for Effective Instruction its Importance: Some Considerationâ€. Journal of Elementary Education. Vol. 18 No. 1-2 hal: 35-40

Oktaviani, V.A., 2009. Hubungan antara Sanitasi Fisik rumah dengan Kejadian ISPA pada Balita. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Available from : http://etd.eprints.ums.ac.id/5965/. [Accessed 11 april 2010].

Robbins, Stephen P. 2008. Organizational Behaviour. Alih bahasa : Hadyana Pujaatmaka. Jakarta: Prenhallindo.

Rivai, Veithzal. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sedarmayanti. 2008. Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi. Mandar Maju: Bandung.

Sopiah, 2008, Perilaku Organisasional, Yogyakarta : C.V Andi Offset

Suharsimi, Arikunto. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Setyowati, Endah, (2007), Karakteristik Individu dan Karakteristik Pekerjaan Sebagai Faktor yang Membentuk Komitmen Karyawan Pada Organisasi Pengaruhnya Terhadap Prestasi kerja, Tesis, Program Pasca Sarjana Universitas Brawijaya Malang. (tidak dipublikasikan)

Umar, Husein. 2008. Metode Riset Perilaku Organisasi. Jakarta: Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v4i1.1581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

ECOBISMA (Journal of Economics, Business and Management) [p-ISSN: 2477-6092] [E-ISSN: 2620-3391] managed by the Faculty of Economics and Business, Labuhanbatu University is disseminated under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-Share Alike 4.0 International License.
Based on work at http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.