PENGARUH HARGA, GAYA HIDUP, DAN FITUR PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG PADA TOKO NANDA PONSEL AEK NABARA

Raja Saul Marto Hendry, Daslan Simanjuntak

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh harga, gaya hidup, dan fitur produk terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung pada Toko Nanda Ponsel Aek Nabara, baik secara parsial maupun simultan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 orang yang diambil dengan menggunakan menggunakan metode accidental sampling. Metode analisis yang dipergunakan adalah metode analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis.

Hasil pengujian hipotesis secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa harga (X1), gaya hidup (X2), dan fitur produk (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung pada Toko Nanda Ponsel Aek Nabara. Hasil uji hipotesis secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa harga (X1), gaya hidup (X2), dan fitur produk (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung pada Toko Nanda Ponsel Aek Nabara. Keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel Harga, gaya hidup, dan fitur produk sebesar 50,8% dan sisanya sebesar 49,2% dijelaskan variabel lain yang tidak bahas dalam penelitian ini, misalnya : kualitas produk, ekuitas merek, dan sebagainya.


Full Text:

PDF

References


Alana, Aditya Yesika, Wahyu Hidayat dan Handoyo Djoko W. 2012. “Pengaruh Citra Merek, Desain, dan Fitur Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Diponegoro)”. Universitas Diponegoro, Semarang.

Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi 12). Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2009. Manajemen Pemasaran (Edisi 13). Jakarta : Erlangga.

Kuncoro, Mudrajad. 2009. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi (Edisi 3). Jakarta : Erlangga.

Mowen, Jhon C dan Minor, M. 2007. Perilaku Konsumen. Jakarta : Erlangga.

Riduwan dan Akdon. 2013. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung : Alfabeta.

Setiadi, Nugroho J. 2008. Perilaku Konsumen. Jakarta : Prenada Media.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Suryani, Tati, 2013. Perilaku Konsumen di Era Internet dan Implikasinya pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Swastha, Basu, 2006. Manajemen Penjualan, Edisi 3. Yogyakarta : BPFE.

Swastha, Basu dan Irawan, 2007. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Liberty.

Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Malang : Bayumedia Pubishing.

Usman, Hardius dan Nurdin Sobari. 2013. Aplikasi Teknik Multivariate untuk Riset Pemasaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v3i1.1583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen) oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Labuhanbatu disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.