PENGARUH BUDAYA KERJA DAN PROMOSI JABATAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA III LABUHAN HAJI LABUHANBATU UTARA

Yuniman Zebua

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya kerja dan promosi jabatan pada PT. Perkebunan Nusantara III Labuhan Haji Labuhanbatu Utara dalam meningkatkan kinerja karyawan.

            PT. Perkebunan Nusantara III Labuhan Haji adalah perusahaan negara yang bergerak dibidang perkebunan. Pengambilkan keputusan masih sulit diterapkan secara objektif karena adanya unsur subjektifitas dalam penilaian seperti faktor sosial dan faktor non sosial. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Perkebunan Nusantara III Labuhan Haji berjumlah 502 orang. Dengan sampel berjumlah 50 orang. Adapun analisis yang digunakan adalah analisis regresi liniear berganda dengan menggunakan bantuan software SPSS 20.00 for windows.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya kerja dan promosi jabatan baik secara parsial (sendiri-sendiri) maupun secara simultan (s) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan PT. Perkebunan Nusantara III Labuhan Haji. Hal ini terlihat dari Uji T menunjukkan nilai t-hitung untuk variabel budaya kerja (9.465) dengan nilai sig sebesar 0,000 dan promosi jabatan sebesar (2.583) nilai sig sebesar 0,002, sedangkan untuk nilai t tabel dicari pada tabel t dengan level of test α = 5% dan df1 = 50 sehingga diperoleh nilai t tabel sebesar 1.675. Dan dari hasil Uji F menunjukkan bahwa Budaya Kerja dan Promosi Jabatan secara simultan berpengaruh terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan bedasarkan kriteria nilai Fhitung sebesar 50.119 dengan nilai signifikan 0,000a. maka Fhitung (50.119) > Ftabel (3,20) dengan signifikasi 0,000a < 0,05.

            Dari nilai Asjusted R Square sebesar 0.667 yang  berarti bahwa peningkatan kinerja karyawan dapat dijelaskan oleh budaya kerja, promosi jabatan sebesar 66,7%. Sedangkan sisanya 33,3% dapat di jelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci  : Budaya Kerja, Promosi Jabatan, Kinerja Karyawan.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alwi, Syafarudin. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia, Strategi Keunggulan Kompetitif. Yogyakarta: BPFE .

Arep dan Tanjung, (2010), Manajemen Sumber Daya Manusia, Universitas Trisakti, Jakarta.

Davis, Keith dan Newstrom Shon W, 2012. Perilaku Dalam Organisasi. Edisi Ketujuh, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Gomes, Cardaso dan Faustino, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi

Hasibuan, Malayu S.P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara

Handoko, T. Hani. 2014. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Edisi kedua, BPFE, Yogyakarta.

Malthis, Robert L dan John H. Jackson. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia, Buku I. Salemba Empat, Jakarta

Sinaga, Mangarissan. 2013. Analisis Pengaruh Budaya kerja dan Reward Terhadap Kinerja pegawai Pada PT. Soelong Laoet Medan. Sekolah Pasca Sarjana USU. (tidak dipublikasikan).

Sudarmadi. 2013. Analisis Pengaruh Budaya kerja dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja pegawai (Studi Empiris: Pegawai Administratif Universitas Semarang). Program Pasca Sarjana UNDIP. (tidak dipublikasikan).

Tjitra, H., 2013. Mencapai Sukses Permanen Melalui Budaya kerja, di dalam buku Corporate Culture, Challenge to Excellence, editor: Moeljono, D., Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Wibowo, F. Dewi. 2012. Analisis Pengaruh Peran Kepemimpinan dan Pengembangan Karir Terhadap Komitmen Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja pegawai (Studi Kasus: PT. Bank Maspion Indonesia Cabang Semarang). Program Pasca Sarjana UNDIP. (Tidak dipublikasikan).




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i2.1758

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen) oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Labuhanbatu disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.