PENGARUH KUALITAS KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. ASAM JAWA

Siti Lam'ah Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Asam Jawa. Jenis Penelitian Ini Adalah Penelitian Asosiatif. Pengumpulan Data Dalam Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan survey dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menyebar kuesioner kepada 59 orang, sedangkan populasi yang dijadikan dalam penelitian ini adalah Karyawan PT. Asam Jawa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Alat analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan SPSS (Statistical Product Sofware Solution). Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis dengan menggunakan uji signifikan parsial (uji t), pengujian signifikan simultan (uji F), dan pengujian koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial (uji t) diketahui bahwa Kualitas Kerja (X1), berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Asam Jawa. Kemudian Lingkungan Kerja (X2), berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Asam Jawa. Pada pengujian secara simultan (uji F) diketahui Kualitas Kerja dan Lingkungan Kerja secara bersama-sama (secara serempak) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan PT. Asam Jawa dengan nilai Fhitung16,623 > Ftabel 3,16.

 

Kata Kunci: Kualitas Kerja, Lingkungan Kerja, Kinerja Karyawan.


Full Text:

PDF

References


Alex. S. Nitisemito, 2011, Manajemen Personalia. Edisi Revisi, Penerbit Ghalia Indonesia.

Hasibuan Melayu, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. Bumi Aksara.

Irawati. S. Anugrahini 2015 Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Sampang. Jurnal Neo-bis. Volume 9, No. 2, Des 2015

Mangkunegara, AA. 2011. Evaluasi Kinerja SDM. Refika Aditema. Bandung.

Pratama, Yofanda Budi. 2015. Pengaruh Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Sleman.

Siagian, Sondang P. 2012, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta.

Sedarmayanti. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Karyawan Negeri Sipil (cetakan kelima). Bandung : Refika Aditama

Situmorang dan Lufti, 2014. Analisis Data untuk Riset Manajemen dan Bisnis, USU Press, Medan.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i2.1788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen) oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Labuhanbatu disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.