PENGARUH PREFERENSI MEREK, PERSEPSI KUALITAS, PERSEPSI HARGA TERHADAP MINAT BELI ULANG PADA CV BASIMBAH TANI-LABUHANBATU

Eka Setiawati, Rizki Syahputra

Abstract


Pemasaran merupakan salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan aktivitas perusahaan, tetapi dalam pemasaran modern seperti sekarang ini paradigma pemasaran telah berubah, tidak hanya menciptakan transaksi untuk mencapai keberhasilan pemasaran, tetapi perusahaan juga harus memperhatikan kepuasan pelanggan dalam waktu yang panjang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh preferensi merek, persepsi kualitas, persepsi harga secara serempak terhadap minat beli ulang. Objek penelitian adalah CV. Basimbah Tani Labuhanbatu dengan sampel 100 orang. Penarikan sampel menggunakan rumus slovin sehingga menjadi 97 sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode aksidental sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner atau data sekunder. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan secara serempak variabel independent yaitu variabel preferensi merek, persepsi kualitas dan persepsi harga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli ulang. Secara individual variabel preferensi merek, persepsi kualitas dan persepsi harga pada penelitian ini mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli ulang.


Full Text:

PDF

References


Akhdon. 2011. Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung : Alfabeta. Ardhanari, Margaretha, 2008. Customer Satisfaction Pengaruhnya TerhadapBrand Preference dan Repurchase Intention Private Brand, Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis Http://amandabrownies.co.id/pr oducts (5, Volume 8 Nomor 2 hal 58-68. Cannon, Joseph P., William D. Perreault, And E. Jerome. Mccarthy. 2008. Pemasaran Dasar-Pendekatan Manajemen Global. Jakarta: Salemba Empat. Ciptadi, Ikhsan. 2010. Pengaruh Dari Persepsian Kualitas, Persepsian Nilai, Kepuasan Konsumen, dan Preferensi Merek Pada Niat Pembelian Ulang (Studi Pada Produk Rumah Makan King Fried Chicken). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Dwityanti, Esthi. 2008. Analisis FaktorFaktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Terhadap Layanan Internet Banking Mandiri Studi Kasus Pada Karyawan Departemen Pekerjaan Umum Jakarta. Thesis Program Studi Magister Manajemen Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro. Semarang. Ferdinan, Comaeni Enril. 2013. Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Persepsi Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki (Studi Pada Pembeli – Pengguna Sepeda Motor Suzuki di Kota Solo). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Semarang. Griffin, Jill. 2009. Customer Loyalty: How to Learn It, How to Keep It. Jakarta. Erlangga. Halim, Dharmayanti dan Brahmana, 2014, Pengaruh Brand Identity Terhadap Timbulnya Brand Preference dan Repurchase Intention Pada merek Toyota, Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 2, No. 1, (2014) 111:2-3. Hawkins, Del I. dan David L. Mothersbaugh. Consumer Behavior: Building Marketing Strategy. Elevent Edition.2010. New York: McGraw-Hill. Iryanita, Rizky dan Y. Sugiarto. 2013. Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga dan Persepsi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Produk ATBM Pekalongan). Journal of

Manajemen. Vol. 2. No. 2. pp. 19. Kotler, Philip & Armstrong, Gary. 2006. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Keduabelas. Erlangga. Jakarta. Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium diterjemahkan Benyamin Molan, PT. Prenhallindo, Jakarta. Lidyawati. 2008. Hubungan antara Intensitas Menonton Iklan di Televisi dengan Perilaku Konsumtif. Skripsi (tidak diterbitkan). Surakarta : Fakultas Psikologi UMS. Puspitasari, Diana,2006. Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus pada Maskapai Penerbangan Garuda Keberangkatan Semarang). Tesis, Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang Schiffman dan Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen.Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks Gramedia. Shimp, Terence, A. 2007, Integrated Marketing Communication In Advertising and Promotion, Edisi Ketujuh, New York, McGrawHill Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung. Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya. Swastha. Basu. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedelapan. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty.

Roslina 2009. Pengaruh Pengetahuan Produk Dan Citra Merek Terhadap Pembelian Produk. Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. X (2) 200-215 Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi ke dua, penerbit Andi, Yogyakarta Yee, Choy Johnn., San, Ng Cheng., dan Khoon, dan Ch’ng Huck. 2011. Consumers’ Perceived Quality, Perceived Value and Perceived Risk Towards Purchase Decision on Automobile. American Journal of Economics and Business Administration 3 (1): 47-57, 2011. ISSN 19455488.




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v3i2.189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

ECOBISMA (Journal of Economics, Business and Management) [p-ISSN: 2477-6092] [E-ISSN: 2620-3391] managed by the Faculty of Economics and Business, Labuhanbatu University is disseminated under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-Share Alike 4.0 International License.
Based on work at http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.