PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE DALAM PEMAHAMAN DAN MINAT BELAJAR MAHASISWA PADA BIDANG STUDI AKUTANSI DI FEB UNIVERSITAS LABUHANBATU

Siti Lam'ah Nasution, Furi Windari, Syaiful Zuhri Harahap, Elvina Elvina

Abstract


Penerapan dan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (online) disetiap lembaga pendidikan khususnya pada perguruan tinggi merupakan aplikasi dan tidak lanjut dari peraturan yang dikeluarkan pemerintah melalui kementrian pendidikan nasional. Peraturan ini dikeluarkan dalam rangka meminimalisir penyebaran wabah Covie19. Pembelajaran jarak jauh sebenarnya bukanlah hal yang baru dalam dunia pendidikan. Pembelajaran jarak jauh sudah dilaksanakan sebelum adanya wabah Covid19 di Indonesia. Pembelajaran jarak jauh sebelumnya dilaksanakan dengan E-learning yang terintegrasi dengan pembelajaran tatap muka (luring). Akan tetapi pembelajaran jarak jauh saat ini dilakukan secara berkelanjutan sehingga berpotensi memberikan efek atau pengaruh psikologis pada mahasiswa, sehingga pemahaman dan minat belajarnya menjadi menurun. Untuk itu seorang tenaga pendidik (Dosen) harus mampu memilih media yang tepat untuk digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, seorang dosen harus memperteimbangkan metode dan media pembelajaran yang tepat untuk dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa pada materi pembelajaran dan mempertahankan motivasi belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeahui pengaruh pembelajaran online dalam pemahaman dan minat belajar mahasiswa pada bidang studi akuntansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa program studi akuntansi Universitas labuhanbatu tidak menyukai atau tidak senang dengan sistem pembelajaran online (daring) yang diterapkan khusunya pada pembelajaran materi akuntansi. Mahasiswa kurang memahami materi pembelajaran akuntansi yang dilakukan secara daring sebab, materi tidak tersampaikan dengan tuntas akibat gangguan jaringan internet yang tidak stabil dan media pembelajaran yang terbatas pada mahasiswa. Minat belajar mahasiswa pada materi akuntansi sangat kuat, akan tetapi dengan metode dan sistem pembelajaran daring membuat tingkat pemahaman mahasiswa pada materi akuntansi masih terbatas.


Full Text:

PDF

References


Arnita, V., & Pratama, A. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Memilih Jurusan Akuntansi. 9(2), 78–84.

Ashari, M. (2020). Proses Pembelajaran Daring di Tengah Antisipasi Penyebaran Virus Corona Dinilai Belum Maksimal. PikiranRakyatcom. https://www.pikiran- rakyat.com/pendidikan/pr01353818/proses-pembejalaran-daring-di-tengah-antisipasipenyebaran-virus-corona-dinilai-belum- maksimal

Dzalila, L., Ananda, A., & Zuhri, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Tingkat Pemahaman Belajar Mahasiswa. Jurnal Signal, 8(2), 203–214.

Hasanah, A., Lestari, A. S., Rahman, A. Y., & Daniel, Y. I. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi Covid-19.

Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 246–253.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.

Riamin. (2016). Menumbuhkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran. 14 April. https://www.kompasiana.com/riamin/570ec6323697738d1a3e38b6/menumbuhkan-minat-belajar-siswa-dalam-pembelajaran

Setiawardhani, R. T. (2013). Pembelajaran Elektornik (E-learning) dan Internet dalam Rangka Mengoptimalkan Kreativitas Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Unswagati, 1(2), 82–96. http://fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/edunomic/article/download/21/20

Siregar, H. S., Sugilar, H., Ukit, U., & Hambali, H. (2020). Merekonstruksi Alam Dalam Kajian Sains dan Agama: Studi kasus pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dampak Covid-19. Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34.

Trisnadewi, K., & Muliani, N. M. (2020). Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. COVID-19: Perspektif Pendidikan, 35.

Wulandari, M., & Djaja, S. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Akuntansi Pada Materi Jurnal Penyesuaian (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pakusari Tahun Ajaran 2013-2014). Jurnal Edukasi, 23–27.

Yuliandari, S. (2014). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran ekonomi materi jurnal penyesuaian perusahaan jasa. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2).




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v8i1.2063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen) oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Labuhanbatu disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.