ANALISIS BEBAN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA MEMPENGARUHI STRES KERJA (STUDI EMPIRIK)

Muhammad Dawam, Ilham Teguh Setiawan

Abstract


Studi ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh beban kerja dan lingkungan kerja terhadap stres kerja guru, mengetahui dan menganalisis pengaruh beban kerja dan lingkungan kerja secara signifikan terhadap stress kerja guru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif kausal dengan pendekatakan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini sebanyak 34 orang yang merupakan guru kelas di sekolah SD Al Manar Surabaya. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, pengujian analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisa, diketahui bahwa variabel beban kerja berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap stress kerja, pengujian koefisien peneliti didapat hasil untuk pengaruh beban kerja terhadap stres kerja menunjukkan hasil uji T diketahui bahwa nilai thitung > sebesar 4,330 lebih besar dari ttabel sebesar 1,695. Sedangkan variabel lingkungan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap stres kerja, pengujian koefisien menunjukkan hasil uji T diketahui bahwa nilai thitung sebesar 0,618 lebih kecil dari ttabel sebesar 1,695. Namun secara bersama-sama keduanya akan dapat memberikan pengaruh terhadap stres kerja guru, Hasil pengujian koefisien regresi secara simultan diperoleh fhitung sebesar 12.863 lebih besar dari pada ftabel sebesar 3.30.


Full Text:

PDF

References


Anwari, M. R., Sunuharyo, B.S., dan Ruhana, I. (2016). Pengaruh Konflik Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT. Telkomsel Branch Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 41, No.1. 1-10

Chandra, R., dan Adriansyah, D. (2017). Pengaruh Beban Kerja dan Stres Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Mega Auto Central Finance Cabang di Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, Vol.6, No.1, Mei 2017. Universitas Samudra: Langsa.

Cooper, C., dan Straw, A. (1995). Stress Management Yang Sukses Dalam Sepekan. Jakarta : Kesaint Blanc.

Fatikhin, F., Hamid, D., dan Mukzam, M. D. (2017). Pengaruh konflik kerja dan stres kerja terhadap kinerja karyawan (Studi pada Karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Soekarno Hatta Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 47 No.1, 172- 180

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Gibson. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga.

Koesomowidjojo, S. (2017). Panduan Praktis Menyusun Analisis Beban Kerja. Jakarta: Raih Asa Sukses

Luthans, F. (2014). Perilaku Organisasi, (Alih Bahasa V.A Yuwono, dkk), Edisi Bahasa Indonesia, Yogyakarta.

Munandar, A. S. (2001). Stres dan Keselamatan kerja “Psikologi Industri dan Organisasi. Penerbit Universitas Indonesia.

Nitisemito, A. .(2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia

Nitisemito, Alex. (1992). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE UGM.

Novianto, D., dan Yuniati, T. (2015). Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan kerja Terhadap Kepuasan Kerja PT Galang Kreasi Sempurna. Jurnal Ilmu dan Reset Manajemen Vol. 4 No. 6, 1-19.

Rahmawanti N. P. (2014). Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 8 No. 2, 1-15

Sedarmayanti. (2017). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV Mandar Maju.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta

Tamauka, M. G. (2015). Pengaruh Konflik Peran, konflik kerja dan stress kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Air Manado. Jurnal EMBA Vol.3 No.3, Hal. 90-98.




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v9i1.2134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen) oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Labuhanbatu disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.