IMPLEMENTASI RESILIENSI DENGAN WORK ENGAGEMENT PADA KARYAWAN PT. SUPRA MATRA ABADI

Devie Felicia, Celine Gotani, Helbert Helbert, Jessica Tiffany Leonardi, Willy Willy

Abstract


Tujuan daripada dilakukannya penelitian ini adalah untuk menguji dan membuktikan hubungan antara resiliensi terhadap work engagement. Sampel penelitian terdiri dari 112 karyawan PT. Supra Matra Abadi melalui teknik total sampling. Data penelitian dikumpul menggunakan skala resiliensi yang terdiri dari 23 item dan skala work engagement yang terdiri dari 32 aitem. Data dianalisis dengan menggunakan metode korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa resiliensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap work engagement dengan koefisien korelasi sebesar 0.667 dan nilai signifikansi sebesar 0.000 (p < 0.05) yang berarti semakin tinggi resiliensi maka akan semakin tinggi work engagement dan berlaku pula sebaliknya

Full Text:

PDF

References


Prasetyo, Y., Farhanindya, H. H., & Psikologi, F. (2021). RESILIENSI DENGAN WORK ENGAGEMENT PADA KARYAWAN LAPANGAN Keywords : Resilience , Work engagement Perusahaan yang besar tentu tidak akan terlepas dari sumber daya manuisa dimana dapat dikatakan sebagai seorang karyawan dalam menggerakan proses bisnis dan menjalankan tugas atau urusan perusahaan . Agar perusahan tidak mengalami kerugian tentu membutuhkan karyawan yang mempunyai skill atau pengalaman dan Disemua perusahaan pasti memerlukan karyawan yang dapat bekerjasama antar individu maupun memiliki ketahanan ketika diberikan tekanan atau tugas dari atasan . Tidak jarang perusahaan merekrut tenaga kerja yang berasal dari luar kota sekitar perusahaan bahkan dari luar pulau terjauh hanya untuk mencari pekerja yang sesuai kompeten . Karyawan yang memiliki daya tahan lebih , merupakan bagian penting yang dimiliki seorang karyawan bagi perusahaannya agar tetap bisa berkompetitif . Seorang karyawan merupakan suatu elemen utama dari perusahaan daripada elemen lain seperti teknologi mesin , uang dan modal karena seorang karyawan atau individu yang akan menjadi penggerak lainnya . Perusahaan ( PT . X ) adalah salah satu perusahaan BUMN yang besar dan bergerak pada jasa transportasi publik , khususnya jalur darat yang tersebar hampir di seluruh Indonesia . Sebagian pekerja memiliki tempat tinggal yang dekat dengan lingkungan kerjanya dan tidak sedikit pula banyak pekerja yang berasal dari luar kota dari tempat kerjanya , sehingga memerlukan waktu tempuh perjalanan yang lebih lama dan resiko saat melakukan perjalanan kerja . Kebijakan perusahaan yang melakukan mutasi kerja dianggap sebagai tuntutan dan profesionalitas perusahaan dalam menghadapi era modernisasi , belum lagi pada pekerja lapangan yang memiliki resiko tinggi terhadap kecelakaan kerja . Ketika salah seorang kayawan ( inisial A ) baru saja di pindahkan tugas , si A selalu datang terlambat ketika baru libur bekerja yang membuat pekerjaan kurang memenuhi target . Berbeda dengan karyawan kedua ( inisial B ) yang merasa nyaman dan santai dengan tempat kerja yang baru . Pada kayawan ketiga ( inisial C ) lebih banyak melakukan izin dengan alasan kepentingan dan pada karyawan keempat ( inisial D ) yang lebih memilih untuk bertempat tinggal dekat pekerjaannya dari pada harus pulang pergi karena berbeda kota . Dari obersvasi. 5, 350–361.

Steven, J., & Prihatsanti, U. (2017). Hubungan Antara Resiliensi Dengan Work Engagement Pada Karyawan Bank Panin Cabang Menara Imperium Kuningan Jakarta. Empati, 6(3), 160–169.

Asfiyah, E. Y. & Kurniawati, E. (2014). Hubungan antara Resiliensi dengan Work Engagement pada Guru SLB. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 11(2).

Azwar, S. (2014). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bakker, A. B. & Leiter, M. P. (Eds). (2010). Work Engagement: A Handbook of Essential Theory and Research. NewYork: Psychology Press.

Bakker, A., Schaufeli, W., Leiter, M., & Taris, T. (2008). Work Engagement : An Emerging Concept in Occupational Health Psychology. Journal of Work & Stress, 22(3), 187-200.

Blaustein, M. E. & Kinniburgh, K. M. (2010). Treating Traumatic Stress in Children and Adolescents. Canada: The Guilford Press.

Cassidy, S. (2016). The Academic Resilience Scale (ARS-30): A Multidimensional Construct Measure. Journal Frontiers in Psychology, 1-11.

Kesumaningsari, N. P. A. & Simarmata, N. (2014). Konflik Kerja-Keluarga Dengan Kepuasan Kerja yang Dimoderasi Komitmen Organisasi Pada Karyawan Bali. Jurnal Psikologi Udayana, 105-118.

Markos, S. & Sridevi, M. S. (2010). Employee engagement: the key to improving performance. International Journal of Bussiness and Management. 5 (12), 89-96.

Mubarok, I. (2014, Juli 4). Tuntut Kenaikan Upah, Ratusan Karyawan PG Mritjan Mogok Kerja. Dari: https://www.merdeka.com/peristiwa/tuntut-kenaikan-upah-ratusan-karyawan-pg-mritjan-mogok-kerja.html

Priyatno, D. (2014). SPSS 22: Pengolah Data Terpraktis. Yogyakarta: Andi.

Prihatsanti, U. & Steven, J. (2017). Hubungan Antara Resiliensi dengan Work Engagement pada Karyawan Bank Panin Cabang Menara Imperium Kuningan Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v9i1.2418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

ECOBISMA (Journal of Economics, Business and Management) [p-ISSN: 2477-6092] [E-ISSN: 2620-3391] managed by the Faculty of Economics and Business, Labuhanbatu University is disseminated under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-Share Alike 4.0 International License.
Based on work at http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.