PENGARUH PELAYANAN DAN KOMUNIKASI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGAMBIL KREDIT SEPEDA MOTOR PADA PT. FEDERAL INTERNATIONAL FINANCE (FIF) LANGGA PAYUNG

Siti Lam'ah Nasution

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan dan komunikasi terhadap keputusan konsumen mengambil kredit sepeda motor pada PT. Federal International Finance (FIF) Langga Payung. Sampel penelitian ini sebanyak92orang yang diambil denganmenggunakan teknik accidental sampling.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan dan komunikasi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam pengambilan kredit sepeda motor pada PT. FIF Langga Payung. Pelayanan lebih dominan berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam pengambilan kredit sepeda motor pada PT. FIF Langga Payung. Berdasarkan hasil uji determinasi diketahui bahwa keputusan konsumen dalam pengambilan kredit sepeda motor pada PT. FIF Langga Payungmampu dijelaskan oleh pelayanan dan komunikasi sebesar 63,1%, sedangkan sisanya 36,9% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Full Text:

PDF

References


Akbar, Adam. 2012. “AnalisisPengaruh Citra Merek, Harga,

danKualitasProdukTerhadapKeputusanPembelian Notebook Toshibaâ€. Jurnal, Jakarta

:UniversitasGunadarma.

Arisutha, Damartaji. 2006. DimensiKualitasPelayanan. Jakarta : PT. GramediaPustaka.

Daft L, Richard. 2007. Manajemen. Jakarta :Erlangga.

Ghozali,Imam. 2009. AplikasiAnalisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang

:BadanPenerbitUniversitasDiponegoro.

Kertajaya, Hermawan. 2009. PerjalananPemikiranKonsepPemasaran. Jakarta :

PT.GeloraAksaraPratama.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-PrinsipPemasaran, Jilid 1 Edisi 12,

Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip. 2009. ManajemenPemasaran. Jakarta :Erlangga.

Kuncoro, Mudrajad. 2009. MetodeRisetuntukBisnis&Ekonomi (Edisi 3).Jakarta :Erlangga.

Margaretha, Farah. 2007. KualitasPelayanan :TeoridanPraktik. Jakarta : PT.

GramediaPustaka.

Martul,Shadiqqin. 2006. Implementasi Dimensi Kualitas Pelayanan. Jakarta : PT.

Gramedia Pustaka.

Nurlisa. 2011. “Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Citra

MerekTerhadapKeputusanPembelianKecapManisMerekBango (Studi Kasus Pada Ibu Rumah

Tangga Di Komplek Villa Mutiara Johor Ii Dan Taman Johor Mas)â€. Jurnal, Universitas

Sumatra Utara.

Purwanto, Djoko. 2006. KomunikasiBisnis. EdisiRevisi. Jakarta :BumiAksara.

_______________. 2011. KomunikasiBisnis. EdisiKedua. Jakarta :Erlangga.

Setiadi, Nugroho J. 2010. PerilakuKonsumen. EdisiRevisi. Jakarta :Kenca




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v1i2.27

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

ECOBISMA (Journal of Economics, Business and Management) [p-ISSN: 2477-6092] [E-ISSN: 2620-3391] managed by the Faculty of Economics and Business, Labuhanbatu University is disseminated under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-Share Alike 4.0 International License.
Based on work at http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.