PENGARUH SUKU BUNGA, BIAYA, DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH KREDIT MIKRO PADA BANK DANAMON SIMPAN PINJAM RANTAUPRAPAT

Ayuni Indastari Tanjung, Pitriyani Harahap

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh Suku Bunga, Biaya, dan Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Kredit Mikro Pada Bank Danamon Simpan Pinjam Rantauprapat baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dan jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Samplingdengan jumlah sampel sebanya k92 orang responden yang diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Suku Bunga, Biaya, dan Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah Kredit Mikro pada Bank Danamon Simpan Pinjam Rantauprapat, baik secara parsial maupun simultan.Nilai Adjusted R Square (R2 ) sebesar 0,643 berarti bahwa Kepuasan Nasabah Kredit Mikro pada Bank Danamon Simpan Pinjam Rantauprapat mampu dipengaruhi oleh Suku Bunga, Biaya, dan Pelayanan sebesar 64,3%, sedangkan sisanya sebesar 35,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian

Full Text:

PDF

References


Bly, Robert W. 2006. Fool – Proof Marketing. Jakarta : Erlangga.

Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.Semarang :

Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kasmir. 2007. Manajemen Perbankan, Edisi pertama, Cetakan pertama. Jakarta : PT.

Raja Grafindo Persada.

___________ 2008. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Edisi Revisi, Cetakan

pertama. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran : Analisis Perencanaan, Implementasi,

dan Pengendalian. Jakarta : Salemba Empat.

Kuncoro, Mudrajad. 2009. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi (Edisi 3). Jakarta :

Erlangga.

Lolita, Erni. 2005. “Analisis Faktor-Faktor Kepuasan Konsumen Studi Kasus Usaha

Makanan Mie Aceh Titi Bobrok”, Skripsi : Fakultas Ekonomi USU (Tidak

Dipublikasikan).

Jurnal Ecobisma Vol 1 No. 2 Jun 2014

Lupiyoadi, Rambat. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi kedua, Cetakan keempat.

Jakarta: Salemba Empat.

Sembiring, Arif Putranta Felix. 2014. “Pengaruh Tingkat Suku Bunga, Kualitas

Pelayanan, Dan Produk Terhadap Minat Masyarakat Pada Produk Kupedes PT

BRI Unit Simalingkar”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 2 No. 5.

Situmorang, Syafrizal Helmi dan Ginting, Paham. 2009. Analisis Data Penelitian.

Cetakan Kedua. Medan : USU Press.

Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa. Edisi I. Malang : Bayumedia Pubishing.

Usman, Hardius dan Nurdin Sobari. 2013. Aplikasi Teknik Multivariate untuk Riset

Pemasaran. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

Wulan, Agustya Murti. 2006. “Pengaruh Kualitas dan Tingkat Suku Bunga Terhadap

Kepuasan Nasabah Deposito pada PT.Bank Mandiri (Persero) Cash Outlet

PLN”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.Medan : Fakultas Ekonomi USU.

www.danamon.co.id,Diakses 14 Desember 2015.




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v1i2.30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen) oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Labuhanbatu disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.