HUBUNGAN ANTARA PROFITABILITAS PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN PERKEBUNAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA 2014

Zulkifli Musannip Efendi Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh profitabilitas perusahaan (Net Interest Margin) terhadap nilai perusahaan (Price Earning Ratio ) pada perusahaan perkebunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hipotesi dalam penelitian ini adalah Net Profit Margin berpengaruh signifikan terhadap Price Earing Ratio pada perusahaan perkebunan yang terdaftar di BEI dari tahun 2009-2012. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perkebunan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam kurun waktu penelitian (tahun 2009- 2012).Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 8 perusahaan. Teknik pengambilan sampel dilakukan melalui metode purposive sampling dengan tujuanuntuk mendapatkan sampel yang sesuai dengan tujuan penelitian. Metode purposive sampling merupakan metode pengambilan sampel yang didasarkanpada beberapa pertimbangan atau kriteria tertentu. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dengan menggunakan program SPSS (Statistical Package For Social Science). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Net Profit Margin berpengaruh positif dan signifikan terhadap Price Earning Ratio dengan signifikansi 0,047. Hal ini berarti ada hubungan yang signifikan antara Net Profit Margin terhadap Price Earning Ratio pada perusahaan perkebunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian disarankan : 1) pada penelitian ini lingkup penelitiaan hanya pada perusahaan perkebunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sehingga kedepan perlu di teliti lebih luas pada perusahaan perbankan yang terdaftar di luar sektor perkebunan; 2) variabel yang diteliti masih terbatas, sehingga kedepannya peneliti selanjutnya perlu menambah variabel penelitian.

Full Text:

PDF

References


Agus Sartono (2010). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. (Edisi ke 4). Yogyakarta :

BPFE.

Binari Sinurat (1999). Manajemen Keungan. Jakarta : IPWI

Harmono (2011). Managemen KeuanganBerbasis Balanced Scorecard Pendekatan Toeri,

Kasus dan Riset Bisnis (Edisi 1). Jakarta : Bumi Aksara.

Kasmir (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v1i1.34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen) oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Labuhanbatu disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.