PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, FASILITAS BELAJAR DAN DISIPLIN TERHADAP KINERJA DOSEN DI SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI (STIE) LABUHANBATU

Bayu Eko Broto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja dosen diSekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Labuhanbatu; 2) pengaruh fasilitas belajar terhadap kinerja dosen diSekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Labuhanbatu; 3) pengaruh disiplin terhadap kinerja dosen diSekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Labuhanbatu. Untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan, fasilitas belajar dan disiplin terhadap kinerja dosen diSekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Labuhanbatu.Hipotesis dalam penelitian ini adalah 1) gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen diSekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Labuhanbatu; 2) fasilitas berlajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen diSekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Labuhanbatu: 3) dsiplin berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen diSekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Labuhanbatu; 4) gaya kepemimpinan, fasilitas belajar dan disiplin berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen diSekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Labuhanbatu. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 41 orang dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Labuhanbatu, yaitu 15 orang dosen tetap dan 26 orang dosen tidak tetap, dimana peneliti tidak dijadikan sampel. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik total sampling. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan teknik Analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan program SPSS (Statistical Package For Social Science). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel gaya kepemimpinan, fasilitas belajar dan disiplin secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Labuhanbatu. Variabel gaya kepemimpinan secara partial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Labuhanbatu. Variabel fasilitas belajar secara partial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Labuhanbatu. Variabel disiplin secara partial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Labuhanbatu.

Full Text:

PDF

References


Barnardin, H. John Joyce E.A. Ressul (2003), Human Resources, Mc Graw Hill, Inc,

Singapore.

Handoko, T. Hani (2000), Manajemen, Edisi 2, BPFE, Yogyakarta

_______(2002), Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Edisi 2, BPFE,

Yogyakarta

Hasibuan, Malayu, SP (2002), Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Bumi Akasara

Jakarta.

Husnan, Keldjrachman Suad, (2004), Manajemen Personalia, Edisi ke Empat, BPFE

Yogyakarta

Komaruddin (2007), Ensiklopedia Manajemen, Rineka Cipta, Jakarta

Manullang (2001), Manajemen Pengantar Ekonomi Perusahaan, Edisi Revisi, Cetakan Ke

Enam Belas, BPFE, Yogyakarta

Martoyo, Susili (2004), Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Ketiga, Cetakan Keempat,

Ghalia Jakarta

Moekijat (2001), Latihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Cetakan ke Empat,

Maju Mundur, Bandung

Nitisemito S Alex (2001), Manajemen Personalia, Cetakan Keempat, Ghalia, Jakarta.

Santoso Singgih (2004), Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik, PT. Alex Media

Komputindo Gramedia Jakarta.

Schroeder, Roger G (2004), Manajemen Operasi, Jilid I Erlangga Jakarta

Schuler Randal S and Jackson Susan E, alih bahasa Prawira Hie (2007), Manajemen Sumber

Daya Manusia, Penerbit Erlangga Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v1i1.36

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen) oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Labuhanbatu disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.