MAHASISWA DAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Nova Jayanti Harahap

Abstract


Sejarah revolusi industry dimulai dari industri 1.0, 2.0, 3.0, hingga industri 4.0. Fase industri merupakan real change dari perubahan yang ada. Revolusi industri saat ini memasuki fase keempat dimana sedang mengalami puncaknya, dengan lahirnya teknologi digital yang berdampak masif terhadap kehidupan manusia di seluruh dunia. Melalui studi literatur, tulisan ini bertujuan melihat dari pendekatan kualitatif data mengenai bagaimana kemunculan Industri 4.0 dikaitkan dengan mahasiswa serta perannya dalam menghadapi revolusi industry 4.0. Hasil studi ini menunjukkan bahwa dalam perkembangannya, revolusi industry 4.0 membawa pengaruh terhadap sumber daya manusia, terutama bagi mahasiswa. Muncul berbagai tantangan bagi dunia pendidikan, ada beberapa yang mesti diperhatikan untuk menghadapi dampak negative dari munculnya revolusi industry 4.0 bagi Mahasiswa, diantaranya peningkatan kompetensi penguasaan teknologi komputer, keterampilan berkomunikasi, kemampuan bekerjasama secara kolaboratif, dan kemampuan untuk terus belajar dan adaptif terhadap perubahan lingkungan.

Full Text:

PDF

References


Afwan, M. (2013). Leadership on technical and vocational education in community college[Versi elektronik]. Journal of Education and Practice, 4 (21), 21-23.

Bukit, M. (2014). Strategi dan inovasi pendidikan kejuruan dari kompetensi ke kompetisi.

Bandung: Alfabeta.

Irianto, D. (2017). Industry 4.0; The Challenges of Tomorrow. Disampaikan pada Seminar

Nasional Teknik Industri, Batu-Malang.

Era Industri 4.0: Tantangan dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia

Kuncoro, Ari.(2019). Revolusi Industri 4.0 dan Dampaknya Terhadap Perekonomian Indonesia.

Jakarta. http://www.feb.ui.ac.id/blog/2019/01/12/ari-kuncoro-revolusi-industri-4-0-dandampaknya-terhadap-perekonomian-indonesia/ diakses Februari 2019

Kuswana, W.S. (2013). Filsafat teknologi, vokasi dan kejuruan. Bandung: Alfabeta Bandung.

Schawab (2016). Industry 4.0: the challenges of the transforming manufacturing. Germany:

BPIFrance.

Liffler, M., & Tschiesner, A. (2013). The Internet of Things and the Future of Manufacturing.

McKinsey & Company.

Karnawati, Dwikorita (2017). revolusi industri 4.0. http://marketeers.com/mengenal-marketing4-0-dalam-konteks-ekonomi-digital/ diakses Januari 2019




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v6i1.38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

ECOBISMA (Journal of Economics, Business and Management) [p-ISSN: 2477-6092] [E-ISSN: 2620-3391] managed by the Faculty of Economics and Business, Labuhanbatu University is disseminated under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-Share Alike 4.0 International License.
Based on work at http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.