PREDIKSI TINGKAT FINANCIAL DISTRESS PERUSAHAAN BUMN KARYA DENGAN METODE ALTMAN Z-SCORE, SPRINGATE DAN ZMIJEWSKI

Arif Abdillah, Ina Ratnasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menilai kinerja keuangan beberapa perusahaan dan untuk mengetahui apakah terdapat indikasi kebangkrutan pada perusahaan dengan menggunakan analisis model Altman Z-Score, Springate dan Zmijewski, mencari model yang lebih akurat dan seberapa besar perbedaan akurasi dari ketiga model tersebut adalah. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan BUMN Karya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2015-2020. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 4 perusahaan BUMN Karya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2015-2020. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu pengambilan sampel menggunakan semua populasi tanpa pertimbangan tertentu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akurasi model dengan tingkat akurasi tertinggi adalah model Springate sebesar 100% dan kemudian Zmijeski dengan tingkat akurasi sebesar 20,9%. Selanjutnya model Altman dengan tingkat akurasi 16,6%.


Full Text:

PDF

References


Dahni, Fanita. 2015. Altman Z-Score Vs Zmijewski X-Score Dalam Memprediksi Kebangkrutan Perusahaan (Studi Kasus PT Tiga Pilar Sejahtera Food, Tbk (AISA) Tahun 2015-2017. Jurnal Administrasi Bisnis, Volume 8.

Ditiro Alam Ben, Moch.Dzulkirom, Topowijono (2015). Analisis Metode Springate (S-Score) Sebagai Alat Untuk Memprediksi Kebangkrutan Perusahaan (Studi pada Perusahaan Property dan Real estate yang listing di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2011-2013). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 21(1).

Fandy Giono Saputro. 2015. Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan BUMN Bidang Konstruksi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2013. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Hery. 2017. Kajian Riset Akuntansi; Mengulas Berbagai Hasil Penelitian Terkini dalam Bidang Akuntansi dan Keuangan. Jakarta: Grasindo.

Melissa, P., & Haposa Banjarnahor. 2020. Analisis Prediksi Kebangkrutan Menggunakan Model Altman Z-Score, Springate dan Zmijewski yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA, 8(1), 903-912.

Ramadhani, A. S., & Lukviarman, N. 2011. Perbandingan Analisis Prediksi Kebangkrutan Menggunakan Model Altman Pertama, Altman Revisi, dan Altman Modifikasi dengan Ukuran dan Umur Perusahaan sebagai Variabel Penjelas (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Siasat Bisnis, 13(1).

Suharto. 2015. Analisis Prediksi Financial Distress Dan Kebangkrutan Pada Perusahaanperusahaan Yang Listing Dalam Daftar Efek Syariah Dengan Model Z-Score. Skripsi. Universitas Islam Walisongo Semarang




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v10i1.3872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

ECOBISMA (Journal of Economics, Business and Management) [p-ISSN: 2477-6092] [E-ISSN: 2620-3391] managed by the Faculty of Economics and Business, Labuhanbatu University is disseminated under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-Share Alike 4.0 International License.
Based on work at http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.