PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, DISIPLIN KERJA DAN KEMAMPUAN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI HONORER PADA DINAS PEMADAM KEBAKARAN KABUPATEN LABUHANBATU UTARA

Aris Siregar, Normansyah Normansyah, Rosnaida Rosnaida, Anshari Putra

Abstract


Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori manajemen organisasi dan sumber daya manusia dengan lebih berfokus pada faktor komitmen organasasi, disiplin kerja, kemampuan kerja dan prestasi kerja yang menjadi variabel-variabel dalam penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan survey. jenis penelitian deskriptif kuantitatif dan sifat penelitian adalah penjelasan. Metode pengumpulan data adalah dengan wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Populasi adalah seluruh pegawai pada Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Labuhanbatu Utara  yaitu 66 pegawai honorer dan ditetapkan jumlah sampel dari seluruh populasi yang ada yaitu sebanyak 66 pegawai honorer. Berdasarkan persamaan linier berganda yang diperoleh sebagai berikut bahwa Ŷ   = 2,231+ 0,762 X1 + 0,330 X2  + 0,628 X3 + e. Pada persamaan tersebut dapat dilihat bahwa komitmen organisasi (X1), disiplin kerja (X2) dan kemampuan kerja (X3) mempunyai koefisien regresi positif yang membuktikan kontribusinya terhadap prestasi kerja (Y) pegawai honorer pada Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Labuhanbatu Utara dalam model regresi ini. Pengujian secara serempak menunjukkan bahwa nilai Fhitung (15,176) lebih besar dibandingkan dengan nilai Ftabel (2,75), dan sig. α (0,000a) lebih kecil dari alpha 5% (0,05). Hal ini menunjukkan bahwa variabel komitmen organisasi, disiplin kerja dan kemampuan kerja secara serempak berpengaruh terhadap prestasi kerja pegawai honorer pada Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Labuhanbatu Utara. Pengujian secara parsial diperoleh hasil untuk komitmen organisasi (4,283), disiplin kerja (2,683) dan kemampuan kerja (3,807). Dengan demikian secara parsial pengaruh yang dominan terhadap prestasi kerja pegawai honorer pada Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Labuhanbatu Utara adalah variabel komitmen organisasi.


Full Text:

PDF

References


David, Fred. R, 2014, Manajemen Strategis, Konsep. Edisi Ketujuh. Alih Bahasa Alexander Sindoro. Prehallindo. Jakarta.

Davis, Keith dan Newstron, Jhon W, 2012, Perilaku dalam Organisasi, Erlangga, Jakarta.

Ghozali, Imam, 2015, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketiga. BP-Universitas Diponegoro. Semarang.

Handoko, T Hani, 2012, Manajemen Sumber Daya Manusia, BPFE, Yogyakarta.

Hasibuan, Malayu S.P, 2014, Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Mangkuprawira, Tb. Sjafri, 2010, Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik, Cetakan Ketiga. Ghalia, Jakarta.

Mathis, R.L. & Jackson, 2012, J.H. Human Recources Management, Prentice Hall, New Jersey.

Nawawi, Hadari, 2011, Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Riva’i, Veithzal, 2012, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktek. Raja Grafindo, Jakarta.

Robbins, Stephen P, 2014, Perilaku Organisasi, Konsep, Kontroversi, Aplikasi. Alih Bahasa Hadyana Pujaatmaka dan Benyamin Molan. Prenhallindo. Jakarta.

Ruky, Achmad S, 2011, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.

Sedarmayanti, 2011, Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit Refika Aditama, Bandung.

Simamora, Henry, 2014, Manajemen Sumber Daya Manusia. STIE-YKPN. Yogyakarta.

Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Keempat. Alfabeta. Bandung. 2009.

Sutrisno, Edy, 2009, Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit Kencana, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v10i1.3881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

ECOBISMA (Journal of Economics, Business and Management) [p-ISSN: 2477-6092] [E-ISSN: 2620-3391] managed by the Faculty of Economics and Business, Labuhanbatu University is disseminated under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-Share Alike 4.0 International License.
Based on work at http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.