THE IMPORTANT ROLE OF ADOPTING THE USE OF TECHNOLOGY IN UNIVERSITIES AFTER COVID-19: APPLICATION OF THE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL

Fauziah Hanum, Bhakti Helvi Rambe, Nova Jayanti Harahap, Yudi Prayoga, Muhammad Yasir Arafat Pohan

Abstract


Pada Maret 2020, seperti halnya perguruan tinggi di seluruh dunia, perguruan tinggi di Indonesia kewalahan menghadapi dampak masif dari pandemi COVID-19 yang berdampak pada sektor vital (misalnya, sektor pendidikan dan ekonomi). Akibatnya, perguruan tinggi di Indonesia memilih untuk mengadopsi sistem pembelajaran online untuk melanjutkan proses pendidikan. Yang menjadi masalah adalah penerapan sistem pembelajaran online terjadi secara tiba-tiba. Akibatnya mendapat reaksi beragam baik dari dosen maupun mahasiswa. Beberapa mahasiswa tidak yakin akan manfaatnya atau tidak memenuhi syarat untuk mengatasi penerapan sistem pembelajaran online. Oleh karena itu, proses pembelajaran mengalami hambatan seperti hambatan dalam kemampuan mereka untuk menggunakan dan mengadopsi sistem pembelajaran online. Penelitian ini mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan sistem pembelajaran online oleh mahasiswa di Indonesia Penerapan teknologi yang sukses akan memberikan peluang bagi universitas contohnya bisa mengadakan kelas campuran daring dan luring, system penyampaian materi melalui media social sehingga mahasiswa dapat belajar sebelum masuk ke ruang kelas dan sebagainya.  Metode analisis yang digunakan disesuaikan berdasarkan tujuan penelitian yang ada, penelitian ini dilakukan berdasarkan paradigma positivistik yang mengutamakan kausalitas antar variabel (Neuman, 2014). Penelitian ini dirancang sebagai penelitian eksplanatori yang dapat menjelaskan buntuk menguji suatu teori untuk memperkuat atau menolak hipotesis penelitian. Dengan demikian, explanatory sangat tepat untuk penelitian ini sesuai tujuan penelitian, data dalam penelitian ini merupakan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner online melalui aplikasi Google form. Untuk menguji kerangka konseptual dan hipotesis yang dikembangkan, peneliti menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS) untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi bagi literatur ilmiah di bidang pendidikan terutama literatur terkait adopsi penggunaan teknologi di negara berkembang. Secara praktis penelitian ini memberikan masukan kepada universitas tentang factor-faktor dominan yang dapat mempengaruhi kesuksesan adopsi teknologi dalam system pembelajaran. 


Full Text:

PDF

References


Akram, M.S., Albalawi, W.: Youths’ social media adoption: theoretical model and empirical evidence. Int. J. Bus. Manag. 11(2), 22 (2016)

Cooper, D. R., & Schindler, P. S. (2014). Business Research Method (Twelfth Ed). New York: McGraw-Hill Irwin.

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340.

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (Pls-Sem). (Second, Ed.). Los Angles: Sage, Inc.

Johari, N., Mustaffha, N., Ripain, N., Zulkifli, A., & Ahmad, N. W. (2015). Students’ Acceptance of Online Learning in KUIS. First International Conference on Economics and Banking, 326–335.

Kim, Hyo-Jeong, Michael Mannino, Robert J. Nieschwietz. 2009. Information technology acceptance in the internal audit profession: Impact of technology features and complexity. International Journal of Accounting Information Systems 10 (2009) 214–228

Lee, Y., Kozar, K., Larsen, K.: The technology acceptance model: past, present, and future. Commun 12(1), 752–780 (2003)

Neuman, W. L. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. Relevance Of Social Research (Vol. 8).

Oldfeld, B. M., & Baron, S. (2000). Student perceptions of service quality in a UK university business and management faculty. Quality Assurance in Education, 8(2), 85–95.

Rauniar, R., Rawski, G., Yang, J., Johnson, B.: Technology acceptance model (TAM) and social media usage: an empirical study on Facebook. J. Enterp. Inf. Manag. 27(1), 6–30 (2014)

Venkatesh, V., Davis, F.D.: A theoretical extension of the technology acceptance model: four longitudinal field studies. Manage. Sci. 46(2), 186–204 (2000)

Westbrook, R. A., & Oliver, R. L. 1991. “The dimensionality of consumption emotion patterns and consumer satisfaction.†Journal of Consumer Research, 18(1), 84–91.

Alshurafat, H., Al Shbail, M. O., Masadeh, W. M., Dahmash, F., & Al-Msiedeen, J. M. (2021). Factors affecting online accounting education during the COVID-19 pandemic: an integrated perspective of social capital theory, the theory of reasoned action and the technology acceptance model. Education and Information Technologies, 26(6), 6995–7013. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10550-y




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v10i1.3887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

ECOBISMA (Journal of Economics, Business and Management) [p-ISSN: 2477-6092] [E-ISSN: 2620-3391] managed by the Faculty of Economics and Business, Labuhanbatu University is disseminated under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-Share Alike 4.0 International License.
Based on work at http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.