ANALISIS PENINGKATAN USAHA BISNIS SYARIAH DALAM MENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT MUSLIM DI KOTA MEDAN

Dewi Sundari, Erliyanti Erliyanti, Dini Ventiany, Vannya Euorita Tarigan, Muhammad Rizka

Abstract


Penelitian ini bertujuan  mengetahui sejauhmana usaha bisnis syariah dalam meningkatakan pendapatan muslim di kota Medan  apakah memberikan  dampak yang lebih positif terhadap perekonomi para pelaku UMK yang bergelut dalam bisnins Syariah. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dimana data primer di peroleh oleh penulis meluli observasi dilapangan, wawancara , diskusi focus dan data sekunder diperoleh dari Biro Pusat Statistik, buku , laporarn dan jurnal. Hasil dari penelitian bahwa Bisnis Syariah di kota Medan mendapat antusisias dan tanggapan yang positif baik dari pemerintah setempat dengan cara memberikan peluang bisnis besar bagi masyarakat yang teruatama masyarakat muslim yang berkecimpung di dalamnya. Pemerintah  memberikan bantuan dana baik itu dari lembaga keuangan syariah dengan tanpa agunan maupun lembaga keuangan non syariah, memberikan kemudahan dalan pengurusan segala ijin usaha sebagai bisnis syariah yang sedang maarak di geluti oleh masyarakat muslim dikota Meda salah satunya dengan mengeluarkan izin  untuk membuat travek-travel Umroh yang baru dan memberikan lapak-lapak bagi masyarakat dalam menjadi bisnis syariah seperti bisnis kuliner halal, hotel -hotel syariah, Distro syariah sehingga menciptakan kenyaman dan kepuasan bagi konsumen yang menikmati dan menggunakankan. Dengan dukungan pemerintah dan semnagat para masyarakat muslim  menjadkan  kegiatan bisnis syariah tersebut tersebut dapat berjalan dan berkembang yang menjadi suatu dampak yang positif bagai pelaku binis syariah dalam meningkatkan pendapatan mereka sehingga  menciptakaan kesejahteraan hidup  masyarakat  dan kenyaman serta ketentraman dalam meningkat ibadah dan ketaqwaan kepada Allah SWT.


Full Text:

PDF

References


Indah Puji Lestari Veryliana Purnamasari, dkk, 2021, Pendampingan Siswa pada Program Belajar Rumah Untuk Membangun Semnagat Siswa Sekolah Dasar di Desa Pekalongan Kecamatan Winong Kabupaten Pati, JIPS : Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah, Vol.2 No.1 , Hal 12-17.

Kasfianti Zulhaenah, Yudha Nurdian, 2020, Pendampingan Dan Peningkatan Kecakapan Guru Dalam Inovasi Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid-19, Jurnal : Pengabdian Al-Ikhlas, Vol.6 No.2

Novia Aisah Asriati1, Iswatun Hasanah H, 2021,Peran Mahasiswa KKN Dalam Bidang Pendidikan Di Tengah Pandemi Covid-19, Prociding Uin Sunan GUnung Djati Bandung, Vol. 1, No. XII, 142,155.

Siti Nurkilah1, Helmia Tasti Adri, 2022, Peran Mahasiswa KKN Dalam Bidang Pendidikan Di Tengah Pandemi Covid-19, Jurnal : Educivilia,, Vol 3, No.2, Hal.117-123




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v10i1.3951

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

ECOBISMA (Journal of Economics, Business and Management) [p-ISSN: 2477-6092] [E-ISSN: 2620-3391] managed by the Faculty of Economics and Business, Labuhanbatu University is disseminated under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-Share Alike 4.0 International License.
Based on work at http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.