INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP LPPM UNIVERSITAS PEKALONGAN

Mahirun Mahirun, Rahajeng Win Martani, Suryani Suryani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks kepuasan masyarakat (IKM) terhadap pelayanan yang diberikan oleh LPPM Unikal dalam kegiatan penyaringan perangkat desa di Kabupaten Pekalongan selama kurun waktu tahun 2018 sampai tahun 2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh desa di Kabupaten Pekalongan yang bekerjasama dengan LPPM Unikal dalam proses penyaringan perangkat desa, pengambilan sampel menggunakan tabel Krejcie dan Morgan dengan signifikansi level 0,05. Hasil penelitian terhadap 98 sampel menemukan bahwa  Indek Kepuasan Masyarakat untuk unit pelayanan penyaringan perangkaat desa mencapai nilai 83,66 (76,61 < 83,66 < 88,30), yang dapat dikatakan bahwa kinerja unit pelayanan LPPM Unikal masuk kategori BAIK.Skor kepuasan tertinggi terdapat pada poin persyaratan, sistem, mekanisme, dan prosedur, produk spesifikasi jenis pelayanan, perilaku pelaksana, dan sarana dan prasarana. Hal tersebut tidak terlepas dari peran Unikal dalam menyediakan sarana prasarana dan sumber daya manusia yang kompeten dalam melaksanakan ujian seleksi. Sedangkan skor terendah berada pada komponen biaya/tarif dan penanganan pengaduan, saran, dan masukan penanganan pengaduan, namun skor rendah tersebut masih berada pada kategori baik


Full Text:

PDF

References


Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003. Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Damayanti, L. D., Suwena, K. R., Haris, I. A., Ekonomi, J. P., Ekonomi, F., Pendidikan, U., & Singaraja, G. (2019). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat ( IKM ). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 21–32.

J. Joseph Cronin, J., & Taylor, S. A. (1992). Measuring Service Quality : A Reexamination and Extension. Journal of Marketing, 56(3), 55–68.

Made, D., Anggabrata, W., & Rahanata, G. B. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada PT BPR BALIDANA NIAGA Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 4(5), 1196–1205.

Octavia, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah PT . Bank Index Lampung. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(1), 35–39. https://doi.org/10.9744/pemasaran.13.1.35

Osman, Z., & Sentosa, I. (2013). Mediating Effect of Customer Satisfaction on Service Quality and Customer Loyalty Relationship in Malaysian Rural Tourism. International Journal of Economics, Business and Management Studies, 2(1), 25–37.

Pasolong, H. (2013). Kepemimpinan Birokrasi. Alfabeta Bandung. http://lib.kemenperin.go.id/neo/detail.php?id=215949

Peraturan Bupati Pekalongan Nomor 22 Tahun 2018 Peraturan Pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Pekalongan Nomor 20 Tahun 2017 Tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa.

Rosita, R. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank di Bekasi. Jurnal Lentera Bisnis, 4(2), 67–94.

Rozi, A. F., & Nasikan. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan , Citra Merek Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Online Produk Batik Tulis Mutiara Sendang Lamongan. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 126–140.

Wang, Y., Lo, H.-P., & Yang, Y. (2004). An Integrated Framework for Service Quality , Customer Value , Satisfaction : Evidence from China’s Telecommunication Industry. Information Systems Frontiers, 6(4), 325–340.

Yuliana, A., & Rinaldi, U. (2021). Ikm Dan Diagram Kartesius : Kualitas Pelayanan Pdam Kota Pontianak Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi Integra, 11(2), 99–113.




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v10i2.4066

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

ECOBISMA (Journal of Economics, Business and Management) [p-ISSN: 2477-6092] [E-ISSN: 2620-3391] managed by the Faculty of Economics and Business, Labuhanbatu University is disseminated under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-Share Alike 4.0 International License.
Based on work at http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.