ANALISIS SISTEM KERJA INTERNAL KANTOR PELAYANAN PERBENDAHARAAN NEGARA (KPPN) RANTAUPRAPAT

Novrihan Leily Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Sistem Kerja Internal Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Rantauprapat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Sedangkan variabel penelitian adalah sistem kerja internal. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Sistem Kerja Internal Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Rantauprapat yaitu telah menggunakan aplikasi dalam menyelesaikan pekerjaan seperti sistem informasi Gaji Pegawai Pusat (GPP) untuk mengelola gaji dan tunjangan yang secara berkala dilakukan pemutakhiran aplikasi setiap ada informasi pembaruan di KPPN Rantauprapat. Dalam pencairan anggaran belanja negara Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) melakukan penelitian dan pengujian atas SPM yang disampaikan oleh PPSPM. SPM yang diajukan ke KPPN digunakan sebagai dasara penerbitan SP2D, antara lain: 1). SPM LS Belanja Pegawai, 2). SPM UP/TUP, 3). Retur Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D), 4). Pembukaan Rekening Pemerintah, 5). Surat Keterangan Penghentian Pembayaran (SKPP).

Full Text:

PDF

References


Handoko, 2012, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Penerbit:

BPFE-YOGYAKARTA, Edisi Kedua, Yogyakarta

Hendrayana, 2014,

http://indrarukmanandahendrayana.blogspot.com/2014/05/perancangan-sistemkerja.html

Husni, 2006, Hukum Ketenagakerjaan Indonesia, Penerbit: PT RajagrafindoPersada,

Edisi Revisi, Jakarta

Irawan, 2009, http://iwanirawanumc2009.blogspot.com/2010/10/definisi-sistemkerja.html

Wahyu, 2011, https://wahyu410.wordpress.com/2011/05/15/pengertian-tatakerjaprosedur-kerja-dan-sistem-kerja-juga-analisis-jabatan-job-description-and-jobspecification/




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v6i1.45

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

ECOBISMA (Journal of Economics, Business and Management) [p-ISSN: 2477-6092] [E-ISSN: 2620-3391] managed by the Faculty of Economics and Business, Labuhanbatu University is disseminated under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-Share Alike 4.0 International License.
Based on work at http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.