PENGARUH KREDIBILITAS PERUSAHAAN DAN BINTANG IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MEMBELI SEPEDA MOTOR HONDA VARIO PADA CV. INDAKO TRADING CO RANTAUPRAPAT

Surya Bhakti, Muda Pardamean Nasution

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kredibilitas perusahaan dan kredibilitas bintang iklan terhadap keputusan konsumen untuk membeli sepeda motor Honda Vario pada CV. Indako Trading Co Rantauprapat, baik secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan 86 responden sebagai sampel penelitian yang diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Hasil penelitian berdasarkan uji secara serempak (uji F) menunjukkan bahwa secara simultan (serempak) kredibilitas perusahaan dan kredibilitas bintang iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen untuk membeli sepeda motor Honda Vario pada CV. Indako Trading Co Rantauprapat. Hasil pengujian hipotesis secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa kredibilitas perusahaan dan kredibilitas bintang iklan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen untuk membeli sepeda motor Honda Vario pada CV. Indako Trading Co Rantauprapat. Variabel yang peling dominan berpengaruh terhadap keputusan konsumen adalah kredibilitas perusahaan. Berdasarkan hasil uji determinasi diketahui bahwa keputusan konsumen membeli sepeda motor Honda Vario pada CV. Indako Trading Co Rantauprapat mempu dijelaskan oleh kredibilitas perusahaan dan kredibilitas bintang iklan sebesar 45,9%, sementara sisanya sebesar 54,1% dipengaruhi faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini, misalnya harga, kualitas produk, desain, dan lain sebagainya.

Full Text:

PDF

References


Aritonang, Hani. 2012. “Analisis Pengaruh Jingle Iklan, Bintang Iklan, dan Pesan Iklan

Terhadap Recall Audience (Studi Kasus Pada Iklan Honda dengan Jingle “One

Heart” Terhadap Mahasiswa FE USU)”. Jurnal FEB. Medan : Universitas

Sumatera Utara.

Belch, E George, & Michael A Belch. 2009. Advertising And Promotion: An Integrated

Marketing Communications Perspective. Edisi 12 Terjemahan. Jakarta : Erlangga.

Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang :

Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hardiman, Ima. 2006. 400 Istilah PR Media dan Periklanan. Jakarta : Gagas Ulung.

Indriyani, Ni Wayan, I Wayan Suwendra, Ni Nyoman Yulianthini. 2014. “Pengaruh

Kredibilitas, Daya Tarik Ikan, dan Keahlian Bintang Iklan Terhadap Keputusan

Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio GT”. e-Journal Bisma. Universitas

Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen (Volume 3 Tahun 2014).

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2006. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT.Indeks.

Kuncoro, Mudrajad. 2009. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi (Edisi 3). Jakarta :

Erlangga.

Noviandra, Mahestu, 2006. “Analisis Pengaruh Model Iklan Terhadap Perilaku

Pembelian Remaja, Kasus Pada Bintang Akademi Fantasi Indosiar”. Jurnal. Vol.

No.2.

Royan, M, Frans. 2006. Marketing Selebrities : Selebriti dalam Iklan dan Strategi

Selebriti Memasarkan Diri Sendiri. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Shimp, Terence A. 2007. Advertising Promotion and Supplement Aspect of Integrated

Marketing Communicatio. Fifth Edition; Alih Bahasa : Periklanan Promosi dan

Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Edisi Kelima. Terjemahan :

Reyvani Syahrial. Jakarta : Erlangga.

Situmorang, Syafrizal Helmi, dan Paham Ginting. 2008. Analisis Data Untuk Manajemen

dan Bisnis. Medan : USU Press.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Kesepuluh. Bandung : Alfabeta.

Yusnita. 2010. “Analisis Pengaruh Kredibilitas Bintang Iklan dan Kredibilitas

Perusahaan Terhadap Keputusan Pemb




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v1i1.46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen) oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Labuhanbatu disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.