ANALISIS PENGARUH GAYA HIDUP, KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus J-Co Suzuya Mall Rantauprapat)

Eva Fitria

Abstract


J-Co merupakan salah satu perusahaan Coffeehouse yang terkenal dengan menyajikan warna yang berbeda dibandingkan café tempat minum kopi pada umumnya. J-Co tidak hanya dikunjungi untuk membeli makanan atau minuman tetapi juga dijadikan sebagai tempat pertemuan berbagai komunitas ataupun tempat pertemuan bisnis yang dapat memberikan kenyamanan pada pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh gaya hidup dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan citra merek sebagai variabel intervening. Penelitian ini merupakan penelitian statistik deskriptif dan sifat penelitian merupakan deskriptif explanator. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang berkunjung ke J-Co Suzuya Mall Rantauprapat. Metode analisis data yang digunakan adalah Path Analysis dengan menggunakan software SPSS 22. Hasil substruktur pertama menunjukkan gaya hidup, kualitas produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek dengan koefisien determinasi 27,2%, Secara parsial Gaya hidup dan kualitas produk berpengaruh terhadap citra merek. Hasil penelitian substruktur kedua menunjukkan gaya hidup, kualitas produk dan citra merek secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan koefisien determinasi Adjusted R Square (R2 ) sebesar 0,251 atau 25,1%. Secara parsial gaya hidup, kualitas produk dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusa pembelian. Citra merek merupakan variabel intervening pada kualitas produk terhadap keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. (2014). Building Strong Brands. (A. Baderi, Trans.) Jakarta: Bumi Aksara.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indek

Kotler, Philip. Keller, K Lane, 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2008. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Penerbit Erlangga.

Jakarta.

Napitupulu, Petrus. 2018. Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Gaya Hidup Terhadap Loyalitas

Pelanggan Pada Starbuck Focal Point Medan. Skripsi Universitas Sumatera Utara

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Sudarmono dan Kholidin. 2015. Upaya Meningkatkan Kinerja Penjualan Coffee Shop Melalui

Analisis Variabel Store Atmosphere, Citra Merek, Preferensi Merek Coffee Shop Di

Media Sosial Dan Promosi (Temuan Pada J.Co Paragon Mall, Semarang). Jurnal

Manajemen Bisnis Indonesia Vol.2 No.3

Schiffman, Leon G., Kanuk, Leslie Lazar. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Alih Bahasa:

Zoelkifli Kasip. Jakarta: Indeks.




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v5i2.49

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen) oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Labuhanbatu disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.