PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT.SAMATOR GAS INDUSTRI SIGAMBAL-RANTAUPRAPAT

Diana Magdalena Siregar, Ade Parlaungan Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Bauran Pemasaran yang terdiri dari Produk, Harga, dan Distribusi terhadap keputusan pembelian pada PT.Samator Gas Industri Sigambal-Rantauprapat. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, realibilitas, metode deskriptif dan metode kuantitatif yang terdiri dari uji regresi linear berganda dan pengujian hipotesis yaitu uji-t, uji-f, dan koefiesien determinasi (R2 ). Pengerjaan metode regresi linear berganda dan uji validitas dan realibilitas dengan menggunakan bantuaan SPSS 16.0 For Windows. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan 84 responden sebagai sampel penelitian.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, analisis data dengan metode analisis linear berganda menunjukkan bahwa variabel Produk, dan Distribusi, berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dapat dilihat dari metode analisis regresi linear berganda secara simultan ( Uji-t) dimana uji F diketahui bahwa F hitung = 4.825 dan Ftabel = 3.11 dalam hal ini Fhitung lebih besar dari Ftabel dan nilai signifikan adalah 0,18 lebih dari nilai alpha 0,05 sehingga keputusan yang diambil adalah H0 diterima H1 ditolak. Di hipotesis alternatif menunjukkan variabel bebas X1, dan X3 mampu menjelaskan keragaman dari variabel terikat (Y) dalam hal ini variabel penjualan. Pelayanan dan strategi pemasaran secara serempak berpengaruh signifikan terhadap penjualan Gas Industri Pada PT.Samator Rantauprapat. Analisis koefisien determinasi didapat nilai Adjust R 2 sebesar yang diperoleh adalah sebesar 0,155 % atau 15,5 % yang menunjukkan kemampuan variabel produk, harga, dan distribusi dalam menjelaskan keputusan pembelian adalah 15,5 %, sedangkan sisanya sebesar 84,5 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan kedalam penelitian ini

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchori (2005). “ Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa”

http :// Catatanmarketing.Wordpress.com/tag/4p-marketing-mix/

Arikunto, Suharmisi (2006). ”Prosedure Penelitian suatu pendekatan praktik”

http:// www.Konsistensi.com/2013/04/teori-variabel-penelitian.html?=1

Iskandar (2008). “Metedologi Penelitian Pendidikan dan sosial”

http://Yusrizalfirzal.wordpress.com/2010/11/22/Kegiatan-teori-kerangkakonseptual-dan hipotesis

Jurnal Ecobisma Vol 3 No. 2 Jun 2016

Sugiyono (2010). “Metode Penelitian Pendidikan”

http://www.Konsistensi.com/2013/04/teori-variabel-penelitian.html?=1

Sugiyono (2010). “ Statistika untuk penelitian”

http://Yusrizalfirzal.wordpress.com/2010/11/22/Kegiatan-teori-kerangkakonseptual-dan hipotesis

Suharmisi Arikunto (2000).”Manajemen Penelitian”

http://Yusrizalfirzal.wordpress.com/2010/11/22/Kegiatan-teori-kerangkakonseptual-dan hipotesis

Tjiptono, Fandy (2008). “Strategi Pemasaran”

http://catatanmarketing.wordpress.com/tag/4p-marketing-mix/




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v3i2.60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen) oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Labuhanbatu disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.