PENGARUH PROMOSI JABATAN, DAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA III LABUHAN HAJI

Desmawaty Hasibuan

Abstract


PT. Perkebunan Nusantara III Labuhan Haji yang merupakan perusahaan negara yang bergerak dibidang perkebunan. Pengambilkan keputusan masih sulit diterapkan secara objektif karena adanya unsur subjektifitas dalam penilaian seperti faktor social, dan faktor non social, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi jabatan dan kompensasi pada PT. Perkebunan Nusantara III Labuhan Haji terhadap kepuasan kerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan yang berjumlah 508 Orang karyawan PT. Perkebunan Nusantara III Labuhan Haji. Dengan jumlah sampel 50 orang. Adapun analisis yang digunakan adalah analisis regresi liniear berganda dengan menggunakan bantuan software SPSS 20.00 for windows. Analisis regresi berganda menggunakan persamaan, sebagai berikut: Y = a + b1X1 + b2X2 + e Adapun hasil penelitian ini menunjukkan promosi jabatan dan kompensasi secara bersama – sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan PT. Perkebunan Nusantara III Labuhan Haji, hal ini terlihat dari nilai R Square pada kolom ketiga (angka korelasi atau r yang dikuadratkan) sebesar 0,681 atau sebesar 68,1%, sisanya yaitu 31,9% dapat dijelaskan variabel lain yang tidak termasuk dalam model penelitian ini.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, 2010 . Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Edisi Revisi), Jakarta :

Penerbit Rineka Cipta

Hasibuan, Malayu S.P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Jakarta: Bumi

Aksara

Handoko, T. Hani. 2012. Manajemen Personalia dan Sumber daya Manusia , Penerbit

Yogyakarta BPFE

Kadarisme. M. 2012. Manajemen Pengembangan sumber daya manusia, Edisi Pertama,

Penerbit Rajawali Press, Jakarta.

Siagian, Sondang, P., 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia, edisi pertama, cetakan kedua,

Penerbit : Bumi Aksara, Jakarta

Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Bisnis, cetakan ketujuh, Penerbit : Alfabeta, Bandung.

Rivai, Veithzal, 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit : Jakarta, Raja Grafindo

Persada




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v5i2.63

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

ECOBISMA (Journal of Economics, Business and Management) [p-ISSN: 2477-6092] [E-ISSN: 2620-3391] managed by the Faculty of Economics and Business, Labuhanbatu University is disseminated under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-Share Alike 4.0 International License.
Based on work at http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.