PENGARUH STRATEGI BERSAING DAN ORIENTASI WIRAUSAHA TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN LINGKUNGAN PERSAINGAN SEBAGAI VARIABEL MODERATOR (STUDI PADA PERUSAHAAN JASA LAUNDRY DI LABUHANBATU)

Zuriani Ritonga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi bersaing dan orientasi wirausaha terhadap kinerja perusahaan serta pengaruh strategi bersaing terhadap kinerja perusahaan dengan lingkungan persaingan sebagai variable moderator pada perusahaan jasa laundry di Labuhanbatu. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan jasa laundry di Labuhanbatu dengan teknik sampling yang digunakan sampling jenuh. Teknik analisis yang digunakan adalah moderator regression analysis. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Strategi Bersaing dan Orientasi Wirausaha terhadap Kinerja Perusahaan sedangkan Lingkungan Persaingan bukan sebagai variable moderating yang mempengaruhi Strategi Bersaing dengan Kinerja Perusahaan pada Perusahaan jasa laundry di Labuhanbatu.

Full Text:

PDF

References


Arifin. 1999 â€Environmental Scanning and Strategic Planning’. Media Ekonomi dan

Bisnisâ€. Vol 11,N0 1-2 p.68-78.

Buchari Alma. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. CV Alvabeta: Bandung.

Depdiknas, 2008, “Kamus Besar Bahasa Indonesiaâ€, Gramedia Pustaka Indonesia.

Ferdinand, Augusty, 2002, “Marketing Strategy Making: Proses dan Agenda Penelitianâ€,

Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol.1 No, 1, p. 1-22.

Hadjimanolis, Anthanasios (2000), An Investigation of Innovation Antecedent in Small

Firms in The Context of ASmall Developing Country, Journal of R&D

Management, 30, 3, pp. 235-245.

Hitt, M.k Ireland, R.D., Hoskisson, R.E. 2001, Manajemen Strategis, Daya Saing dan

Globalisasi; Konsep, terjemahan. Rimendi, R., penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Kanthadaraman P., Wilson DT, 2001. The Future of Competition: Value Creating

Network, Industrial Marketing Management, 30, pp.379-390

Khairinal. 1997. Strategi pemasaran yang berpengaruh terhadap ekspor produk perusahaan

industri furniture di daerah tingkat II Malang, Tesis. Malang: Program

Pascasarjana Universitas Brawijaya

Knight, Gary, 2000, “Entrepreneurship and Marketing Strategy: the SME Under

Globalizationâ€, Journal of International Marketing, Vol.8, No.2, p.12 -32.

Menon, Anil, Sundar G. Bharadwaj, Phani Tej Adidam dan Steven W. Edison, 1999,

“Antecedents and Concequences of Marketing Strategy Making : A Model and A

Testâ€, Journal of Marketing, Vol. 63, p.18-40.Jurnal Administrasi Bisnis Volume

I Nomor 1 September 2012.

Miles, R.E., Snow, C.C. ,1978. Organizational Strategy, Structure and Process, New

York: Mc. Graw Hill Book Company

Porter, Michael E. 1980. Competitive Strategy – Techniques for Analyzing Industries

and Competitors. The Free Press.

Porter, Michael E. 1985. Competitive Advantage – Creating and Sustaining

SuperiorPerformance. The Free Press.




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v5i2.65

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

ECOBISMA (Journal of Economics, Business and Management) [p-ISSN: 2477-6092] [E-ISSN: 2620-3391] managed by the Faculty of Economics and Business, Labuhanbatu University is disseminated under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-Share Alike 4.0 International License.
Based on work at http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.