PENGARUH SUKU BUNGA, BIAYA, DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH KREDIT MIKRO PADA BANK DANAMON SIMPAN PINJAM RANTAUPRAPAT
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh Suku
Bunga, Biaya, dan Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Kredit Mikro Pada Bank
Danamon Simpan Pinjam Rantauprapat baik secara parsial maupun simultan. Jenis
penelitian ini adalah penelitian asosiatif dan jenis data yang digunakan adalah data primer
dan data sekunder. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Purposive
Samplingdengan jumlah sampel sebanyak92 orang responden yang diperoleh dengan
menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Suku Bunga, Biaya,
dan Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah Kredit
Mikro pada Bank Danamon Simpan Pinjam Rantauprapat, baik secara parsial maupun
simultan.Nilai Adjusted R Square (R2) sebesar 0,643 berarti bahwa Kepuasan Nasabah
Kredit Mikro pada Bank Danamon Simpan Pinjam Rantauprapat mampu dipengaruhi oleh
Suku Bunga, Biaya, dan Pelayanan sebesar 64,3%, sedangkan sisanya sebesar 35,7%
dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian.
Full Text:
PDFReferences
Bly, Robert W. 2006. Fool – Proof
Marketing. Jakarta : Erlangga.
Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis
Multivariate dengan Program
SPSS.Semarang : Badan Penerbit
Universitas Diponegoro.
Kasmir. 2007. Manajemen Perbankan,
Edisi pertama, Cetakan pertama.
Jakarta : PT. Raja Grafindo
Persada.
___________ 2008. Bank dan Lembaga
Keuangan Lainnya, Edisi Revisi,Cetakan pertama. Jakarta : PT.
Raja Grafindo Persada.
Kotler, Philip. 2008. Manajemen
Pemasaran : Analisis
Perencanaan, Implementasi, dan
Pengendalian. Jakarta : Salemba
Empat.
Kuncoro, Mudrajad. 2009. Metode Riset
untuk Bisnis & Ekonomi (Edisi 3).
Jakarta : Erlangga.
Lolita, Erni. 2005. “Analisis Faktor-
Faktor Kepuasan Konsumen Studi
Kasus Usaha Makanan Mie Aceh
Titi Bobrokâ€, Skripsi : Fakultas
Ekonomi USU (Tidak
Dipublikasikan).
Lupiyoadi, Rambat. 2008. Manajemen
Pemasaran Jasa, Edisi kedua,
Cetakan keempat. Jakarta:
Salemba Empat.
Sembiring, Arif Putranta Felix. 2014.
“Pengaruh Tingkat Suku Bunga,
Kualitas Pelayanan, Dan Produk
Terhadap Minat Masyarakat Pada
Produk Kupedes PT BRI Unit
Simalingkarâ€. Jurnal Ekonomi
dan Bisnis. Vol. 2 No. 5.
Situmorang, Syafrizal Helmi dan Ginting,
Paham. 2009. Analisis Data
Penelitian. Cetakan Kedua.
Medan : USU Press.
Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa.
Edisi I. Malang : Bayumedia
Pubishing.
Usman, Hardius dan Nurdin Sobari. 2013.
Aplikasi Teknik Multivariate untuk
Riset Pemasaran. Jakarta : PT.
RajaGrafindo Persada.
Wulan, Agustya Murti. 2006. “Pengaruh
Kualitas dan Tingkat Suku Bunga
Terhadap Kepuasan Nasabah
Deposito pada PT.Bank Mandiri
(Persero) Cash Outlet PLNâ€.
Jurnal Ekonomi dan Bisnis.Medan
: Fakultas Ekonomi USU.
www.danamon.co.id, Diakses 14
Desember 2015.
DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v3i2.683
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ECOBISMA (Journal of Economics, Business and Management) [p-ISSN: 2477-6092] [E-ISSN: 2620-3391] managed by the Faculty of Economics and Business, Labuhanbatu University is disseminated under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-Share Alike 4.0 International License.
Based on work at http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.