PENGARUH SUKU BUNGA, BIAYA, DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH KREDIT MIKRO PADA BANK DANAMON SIMPAN PINJAM RANTAUPRAPAT

Ayuni Indasyari Tanjung, Musdhalifah Zebua

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh Suku
Bunga, Biaya, dan Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Kredit Mikro Pada Bank
Danamon Simpan Pinjam Rantauprapat baik secara parsial maupun simultan. Jenis
penelitian ini adalah penelitian asosiatif dan jenis data yang digunakan adalah data primer
dan data sekunder. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Purposive
Samplingdengan jumlah sampel sebanyak92 orang responden yang diperoleh dengan
menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Suku Bunga, Biaya,
dan Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah Kredit
Mikro pada Bank Danamon Simpan Pinjam Rantauprapat, baik secara parsial maupun
simultan.Nilai Adjusted R Square (R2) sebesar 0,643 berarti bahwa Kepuasan Nasabah
Kredit Mikro pada Bank Danamon Simpan Pinjam Rantauprapat mampu dipengaruhi oleh
Suku Bunga, Biaya, dan Pelayanan sebesar 64,3%, sedangkan sisanya sebesar 35,7%
dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian.


Full Text:

PDF

References


Bly, Robert W. 2006. Fool – Proof

Marketing. Jakarta : Erlangga.

Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis

Multivariate dengan Program

SPSS.Semarang : Badan Penerbit

Universitas Diponegoro.

Kasmir. 2007. Manajemen Perbankan,

Edisi pertama, Cetakan pertama.

Jakarta : PT. Raja Grafindo

Persada.

___________ 2008. Bank dan Lembaga

Keuangan Lainnya, Edisi Revisi,Cetakan pertama. Jakarta : PT.

Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philip. 2008. Manajemen

Pemasaran : Analisis

Perencanaan, Implementasi, dan

Pengendalian. Jakarta : Salemba

Empat.

Kuncoro, Mudrajad. 2009. Metode Riset

untuk Bisnis & Ekonomi (Edisi 3).

Jakarta : Erlangga.

Lolita, Erni. 2005. “Analisis Faktor-

Faktor Kepuasan Konsumen Studi

Kasus Usaha Makanan Mie Aceh

Titi Bobrokâ€, Skripsi : Fakultas

Ekonomi USU (Tidak

Dipublikasikan).

Lupiyoadi, Rambat. 2008. Manajemen

Pemasaran Jasa, Edisi kedua,

Cetakan keempat. Jakarta:

Salemba Empat.

Sembiring, Arif Putranta Felix. 2014.

“Pengaruh Tingkat Suku Bunga,

Kualitas Pelayanan, Dan Produk

Terhadap Minat Masyarakat Pada

Produk Kupedes PT BRI Unit

Simalingkarâ€. Jurnal Ekonomi

dan Bisnis. Vol. 2 No. 5.

Situmorang, Syafrizal Helmi dan Ginting,

Paham. 2009. Analisis Data

Penelitian. Cetakan Kedua.

Medan : USU Press.

Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa.

Edisi I. Malang : Bayumedia

Pubishing.

Usman, Hardius dan Nurdin Sobari. 2013.

Aplikasi Teknik Multivariate untuk

Riset Pemasaran. Jakarta : PT.

RajaGrafindo Persada.

Wulan, Agustya Murti. 2006. “Pengaruh

Kualitas dan Tingkat Suku Bunga

Terhadap Kepuasan Nasabah

Deposito pada PT.Bank Mandiri

(Persero) Cash Outlet PLNâ€.

Jurnal Ekonomi dan Bisnis.Medan

: Fakultas Ekonomi USU.

www.danamon.co.id, Diakses 14

Desember 2015.




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v3i2.683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

ECOBISMA (Journal of Economics, Business and Management) [p-ISSN: 2477-6092] [E-ISSN: 2620-3391] managed by the Faculty of Economics and Business, Labuhanbatu University is disseminated under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-Share Alike 4.0 International License.
Based on work at http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.