PENGARUH KOORDINASI KERJA, KOMUNIKASI SERTA SEMANGAT KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA PT. TELKOMSEL SALES OUTLET OPERATION RANTAUPRAPAT
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh koordinasi kerja, komunikasi,
dan semangat kerja terhadap pretasi kerja karyawan pada PT. Telkomsel Sales Outlet
Operation Rantauprapat, baik secara parsial maupun secara simultan. Pengumpulan
datamenggunakan wawancara, kuesioner dan studi pustaka. Pengerjaan metodeanalisis data
dengan menggunakan bantuan software SPSS 20.0 for Windows.Penelitian
inimenggunakan sampel sebanyak 44orang karyawan yang diambil denganmenggunakan
teknik sensus. Hasil penelitian berdasarkan uji secara serempak (uji F) menunjukkan bahwa
secara simultan (serempak)koordinasi kerja, komunikasi, dan semangat kerjaberpengaruh
positif dan signifikan terhadap pretasi kerja karyawan pada PT. Telkomsel Sales Outlet
Operation Rantauprapat, dimana Fhitung(13,425) > Ftabel (2,84) dengan signifikansi 0,000 <
0,05.Hasil pengujian hipotesis secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa koordinasi kerja
(X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pretasi kerja karyawan pada PT.
Telkomsel Sales Outlet Operation Rantauprapat, dimana thitung(3,086)> ttabel(1,68385)
dengan signifikansi 0,004< 0,05.Komunikasi (X2) berpengaruh positif dan signifikan
terhadap pretasi kerja karyawan pada PT. Telkomsel Sales Outlet Operation Rantauprapat,
dimana thitung(2,839)> ttabel(1,68385) dengan signifikansi 0,007< 0,05. Semangat kerja (X3)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap pretasi kerja karyawan pada PT. Telkomsel
Sales Outlet Operation Rantauprapat, dimana thitung(2,228)> ttabel(1,68385) dengan
signifikansi 0,032< 0,05.Berdasarkan hasil uji determinasi diketahui bahwa 50,2% prestasi
kerja karyawan dapat di jelaskan oleh variabel koordinasi kerja,komunikasi dan semangat
kerja. Sedangkan sisanya 49,8 % dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti
dalam penelitian ini, seperti gaya kepemimpinan, motivasi, budaya organisasi, dan lain
sebagainya.
Full Text:
PDFReferences
Adelina, Marina. 2011. Pengaruh
Semangat Kerja Dan Disiplin
KerjaTerhadap Prestasi Kerja
Karyawan Pada Perum Pegadaian
Kanwil I Medan. Skripsi (Tidak
dipublikasi). Medan : FE USU.
Daft L, Richard. 2007. Manajemen.
Jakarta : Erlangga.
Devi, Khosyalia. 2012. Pengaruh
Koordinasi Dan Pendelegasian
Wewenang Terhadap Prestasi
Kerja Karyawan Pada Bagian
Sumber Daya Manusia (SDM) PT.
Perkebunan Nusantara IV
(Persero) Medan. Tesis (Tidak
dipublikasi). Medan : USU.
Handoko, T. Hani. 2009. Manajemen.
Edisi Kedua. BPFE:Yogyakarta.
_______________. 2012. Manajemen
Personalia Dan Sumber Daya
Manusia. Edisi Kedua. Cetakan
Kelimabelas. BPFE. Yogyakarta.
Hasibuan, Malayu S. P. 2006.
Manajemen Dasar, Pengertian,
dan Masalah. Edisi Revisi. Bumi
Aksara: Jakarta.
_______________. 2009. Manajemen
Sumber Daya Manusia. Edisi
Revisi. Cetakan Keenan. Jakarta :
Bumi aksara.
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2009.
Manajemen Sumber DayaManusiaPerusahaan. Bandung:
PT. Remaja Rosda Karya.
Manulang, M. 2008. Dasar-Dasar
Manajemen. Yogyakarta: Gajah
MadaUniversity Press.
Moenir, H. A. S, 2007. Manajemen
Pelayanan Umum di Indonesia.
Jakarta : Bumi Aksara.
Purwanto, Djoko. 2006. Komunikasi
Bisnis. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi
Aksara.
_______________. 2011. Komunikasi
Bisnis. Edisi Kedua. Jakarta:
Erlangga.
Sarah, Jesika. 2011. Pengaruh
Komunikasi Internal Terhadap
Prestasi KerjaKaryawan PT.
Telkomsel Branch Medan. Skripsi
(tidak dipublikasi). Medan : FE
USU.
Soewarno Handayaningrat. 2006.
Pengantar Studi Administrasi dan
Manajemen. Jakarta : Gunung
Agung.
Subekhi,Akhmad,Mohammad Jauhar.
Pengantar Manajemen
Sumber Daya Manusia. Jakarta :
Prestasi Pustaka.
Sulistiyani, Ambar Teguh dan Rosidah,
Manajemen Sumber Daya
Manusia-Konsep, Teori dan
Pengembangan Daam Konteks
Organisasi Publik. Yogyakarta :
Graha Ilmu.
Sugiyono. 2008.Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung : Penerbit Alfabeta.
_____________. 2012. Metode Penelitian
Bisnis. Bandung : Alfabeta.
Sutrisno, Edy, 2009, Manajemen Sumber
Daya Manusia. Jakarta : Kencana.
Syafrizal Helmi dan Muslich Lutfi. 2012.
Analisis Data Untuk Riset
Manajemen Dan Bisnis. Edisi 2.
Medan : USU Press.
Winardi. 2007. Manajemen Kinerja.
Bandung: Mandar Maju.
DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v3i2.684
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ECOBISMA (Journal of Economics, Business and Management) [p-ISSN: 2477-6092] [E-ISSN: 2620-3391] managed by the Faculty of Economics and Business, Labuhanbatu University is disseminated under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-Share Alike 4.0 International License.
Based on work at http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.