FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN LAYANAN INTERNET BANKING PT. BANK MESTIKA RANTAUPRAPAT

Herwin Chandra, Elida Florentina Sinaga Simanjorang

Abstract


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial faktor persepsi kemudahan penggunaan (perceived easy of use) (X1), persepsi manfaat (perceived usefulness) (X2), dan kepercayaan (trust) (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah untuk menggunakan Internet Banking PT. Bank Mestika Rantauprapat, sedangkan faktor resiko (risk) (X4) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan nasabah untuk menggunakan Internet Banking PT. Bank Mestika Rantauprapat. Secara simultan (serempak) faktor persepsi kemudahan penggunaan (perceived easy of use) (X1), persepsi manfaat (perceived usefulness) (X2), dan kepercayaan (trust) (X3), dan resiko (risk) (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan layanan internet banking pada PT. Bank Mestika Rantauprapat. Berdasarkan pengujian koefisien Determinan (R2), dapat diketahui nilai koefisien determinan (R2) sebesar 0,352 yang artinya 35,2% dari keputusan nasabah untuk menggunakan Internet Banking dapat dijelaskan oleh faktor persepsi kemudahan penggunaan (perceived of easy of use), persepsi manfaat (perceived of usefullness), kepercayaan (trust), dan resiko (risk), sedangkan sisanya sisanya sebesar 64,8% dijelaskan faktor lain yang tidak diteliti.

Full Text:

PDF

References


Dehghan, Alireza, Parham Arjomand, Amirahmed Nayyeri, dan Masoud Tabatabaey. (2012). Offering a Conceptual Model of Technology Acceptance in e-Banking Based on the Customers‟ Satisfaction and Trust. Dipublikasikan melalui Park, Jong Hyuk, Han-Chieh Chao, James J. Park, Mohammad Obaidat, dan Jongsung Kim. Computer Science and Convergence: CSA 2011 & WCC 2011 Proceedings, pp. 415-426. Dordrecht: Springer Science+Business Media.

Febriansyah, Andi Hakim. 2010. Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Layanan Internet Banking pada PT. Bank BNI (Persero), Tbk Cabang USU Medan. Jurnal Manajemen Bisnis, Vol 3 No. 4. Medan.

Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Heilesen, Simon B. dan Sisse Siggaard Jensen. (2007). Designing for Networked Communications: Strategies and Development. Hershey, PA: Idea Group Publishing (an imprint of Idea Group Inc.).

Kasmir. 2008. Pemasaran Bank. Prenada. Jakarta : Media.

Kuncoro, Mudrajad. 2009. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi (Edisi 3). Jakarta : Erlangga.

Kurniawan, David. Samuel, Natahe. Japarianto, Edwin. 2013. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 1, No. 1, (2013) 1-13. Universitas Kristen Petra.

Maharsi, Sri dan Fenny. 2006. Analisa Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan dan Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Internet Banking di Surabaya. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 8 No.1.

McLeod, Raymond Jr. 2008. Sistem Informasi Manajemen. Edisi Ketujuh, Jilid Satu. Penerbit PT. Prenhallindo: Jakarta.

Nasution, Fahmi Natigor. 2006. Penggunaan Teknologi Informasi Berdasarkan Aspek Perilaku (Behavior Aspect). USU Digital Library.

Presetijo, R dan Ihalauw, J. 2006. Perilaku Konsumen. Yogyakarta : Andi Offset.

Rahardjo, B. 2006. Aspek teknologi dan Keamanan Dalam Internet Banking. Penerbit: PT. Indocisc: Jakarta.

Situmorang, Syafrizal Helmi, dkk. 2008. Analisis Data Penelitian (Menggunakan Program SPSS). Medan : USU Press.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Suryani, Tatik, Iifitriah, Anik Mashcudah, dan Santoso. 2005. Sikap dan Penerima Nasabah Terhadap Layanan Internet Banking. Ventura, Vol. 8 No. 2. Jakarta.

Susilowati, D. 2007. Studi Empiris Tentang Faktor-faktor Penerimaan Nasabah Terhadap Layanan Internet Banking (Penelitian pada Perbankan didaerah Istimewa Yogyakarta). Skripsi Sarjana, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Usman, Hardius dan Nurdin Sobari. 2013. Aplikasi Teknik Multivariate untuk Riset Pemasaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Wijayanti, Ratih. 2009. Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penerimaan nasabah Terhadap Layanan Internet Banking (Studi Empiris Terhadap Nasabah Bank di Depok). Depok : Univ




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v3i1.693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen) oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Labuhanbatu disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.