PENGARUH KEPUASAN DAN FASILITAS TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI HOTEL PLATINUM RANTAUPRAPAT KABUPATEN LABUHANBATU

Sigit Riadi, Junita Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepuasan dan Fasilitas terhadap Loyalitas Konsumen di Hotel Platinum Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Insidental Sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis dengan menggunakan uji signifikan simultan (uji F), pengujian signifikan parsial (uji t), dan pengujian koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa secara bersama-sama adanya pengaruh positif dan signifikan antara variable Kepuasan dan Fasilitas terhadap Loyalitas Konsumen di Hotel Platinum Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu (uji F). Pada pengujian secara parsial (uji t) diketahui bahwa variabel Kepuasan berpengaruh positif dan signifkan terhadap Loyalitas Konsumen di Hotel Platinum Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu. Variabel Fasilitas yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen di Hotel Platinum Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu. Melalui pengujian koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,643 berarti 64,3% faktor-faktor Loyalitas Konsumen Konsumen dapat dijelaskan oleh Kepuasan dan Fasilitas. Sedangkan sisanya 35,7% dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti.

Full Text:

PDF

References


Aritonang, Lerbin R. 2007. Riset Pemasaran. Jakarta: Ghalia Indonesia

Berman, Barry, and Joel R. Evans, 2007, Retail Management, New Jersey: Prentice Hall.

Buchari Alma.2007,Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Dimyati dan Mudjiono. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Griffin, Ricki W dan Ronal J Ebert. 2007, Bisnis Edisi 8. Jakarta: Erlangga

Husein Umar. 2007, Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis, Jakarta : Raja Grafindo Persada Moekijat 2008. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia.Yogyakarta:BFFE

Nitisemito S. Alek, 2008, Manajemen Personalia, Edisi kedua, Ghalia Indonesia.

Kotler, Philip, Keller Kevin Lane. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Keduabelas. Jakarta: Indeks.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas, Jilid Satu, Erlangga, Jakarta.

Oliver, Sandra. 2007. “Strategi Public Relations”. Penerbit Erlangga. Jakarta

Sunarto. 2006. Pengantar Manajemen Pemasaran. Cet. 1. Yogyakarta:Ust Press.

Sulastiyono Agus. 2006. Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung: Alfabeta.

Situmorang dan Lufti, 2014. Analisis Data untuk Riset Manajemen dan Bisnis, USU Press, Medan.

Suhardi. 2008. Perancangan Sistem Kerja Dan Ergonomi Industri. Prosiding. Seminar Nasional ergonomic

Supramono dan Jony Oktavian Haryanto 2006. Desain Proposal Penelitian Studi Pemasaran, Andi, Yogyakarta.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Tjiptono, Fandy, 2008. Strategi Pemasaran, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Tjiptono,Fandy, 2011. Manajemen dan Strategi Merek, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2012. Service Management “Mewujudkan Layanan Prima”. Yogyakarta, Penerbit Andi, Yogyakarta

Zeithaml, Bitner and Gremler, 2006, Service Marketing, Fourth edition,Prentice Hall; Exclusive right by Mc Graw-Hill.

Japarianto Edwin dan S. Chen Yenni, 2014. “Pengaruh Kepuasan, Hambatan Berpindah dan Penyediaaan Fasilitas terhadap Loyalitas Konsumen Di Hotel Novotel Surabaya”, Jurnal Strategi Pemasaran Volume 2 No.1.

Yunus dan Budiant, 2014. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan”, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol 3 No.12 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA), Surabaya

Hapsari Mengayu Respati, 2011. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Fisik dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Semesta Semarang, Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v3i1.696

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen) oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Labuhanbatu disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.