FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN NASABAH DAN DAMPAKNYA PADA LOYALITAS NASABAH PT.BRI SIMPANG ENAM RANTAUPRAPAT

Pristiyono, Pristiyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung pelayanan terhadap kepuasan nasabah, untuk mengetahui pengaruh langsung produk terhadap kepuasan nasabah, untuk mengetahui pengaruh langsung citra terhadap kepuasan nasabah, untuk mengetahui pengaruh langsung teknologi terhadap kepuasan nasabah, untuk mengetahui pengaruh langsung lokasi terhadap kepuasan nasabah dan untuk mengetahui pengaruh langsung kepuasan terhadap loyalitas nasabah. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan analisis kuantitatif. Selanjutnya data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Penelitian ini diawali dengan mengumpulkan data sekunder yaitu dengan melakukan studi literatur yang mencakup kajian teori, penelitian sebelumnya dan model yang berkaitan dengan masalah yang diperoleh dari perpustakaan dan internet. Kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data primer melalui kuesioner dari 100 (seratus) responden yang merupakan nasabah Bank Rakyat Indonesia Simpang Enam Rantauprapat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan analisis jalur (path analysis) dengan AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pelayanan tidak berpengaruh langsung terhadap kepuasan, variabel produk berpengaruh langsung terhadap kepuasan, variabel citra berpengaruh langsung terhadap kepuasan, variabel teknologi berpengaruh langsung terhadap kepuasan, variabel lokasi berpengaruh langsung terhadap kepuasan dan variabel kepuasan berpengaruh langsung terhadap loyalitas.

Full Text:

PDF

References


Aaker, David A. dan Keller L. Kevin. 1990. Consumer Evalutions of Brand Extensions. Journal of Marketing, 54 (1), 27-41.

Aritonang, Lerbin R. 2005. Kepuasan Pelanggan :Pengukuran dan Penganalisaan dengan SPSS. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Dharmayanti, Diah. 2006. Analisa Sensitivitas Respon Konsumen Terhadap Ekstensifikasi Merek (Brand Extension) pada Margarine Merek Filma di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Volume 1 Nomor 2 Oktober 2006.

Fornell, C.1992. A National Customer Barometer: The Swedish Experience”, Journal of Marketing,Vol. 56, January

Gerson, Richard F. 2002. Mengukur Kepuasan Pelanggan. Cetakan kedua, Jakarta: PPM.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, Analisa Perencanaan, Implementasi dan Control, Edisi Kesembilan, Jilid 1 dan jilid 2, Jakarta, Prehalindo, alih bahasa oleh Hendra Teguh S.E.,A.K., dan Ronny A. Rusli.S.E.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin. L. 2008. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Edisi 12. Alih Bahasa Benyamin Molan. Jakarta : Indeks.

Noor, Akhmad Syafrudin. 2011. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah Pada PT Bank Rakyat Indonesia Cabang Pangkalan Bun. Fakultas Hukum Universitas Antakusuma (UNTAMA) Pangkalan Bun. Jurnal Ilmu-ilmu Sosial. Socioscientia.

Nugroho, Marno dan Paramita, Ratih. 2009. “Analisis Pengaruh Lokasi, Keanekaragaman Barang Terhadap Keputusan Berbelanja dan Loyalitas Konsumen di Carrefour Semarang”, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Januari, Vol.10, No. 1.

O’Brien, James. 2003. Introduction to Information System Essential for E-Business Enterprise Eleventh Edition. New York : McGraw-Hill.

Pasolog, Harbani.2007. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Saladin, Djaslim. 2003, Manajemen Pemasaran, Bandung: Linda Karya.

Swastha, Basu dan Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua Cetakan Ke Sebelas. Yogyakarta : Liberty Offset.

Tjiptono. Fandy. 2004. Marketing Scales. Yogyakarta: Andi Off Set.




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v4i1.697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen) oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Labuhanbatu disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.