PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA HOTEL PERMATA LAND RANTAUPRAPAT

Ali Sahputra Dalimunthe

Abstract


Loyalitas Pelanggan adalah komitmen pelanggan terhadap layanan, layanan atau pemasok terdaftar (Perusahaan), berdasarkan sikap yang sangat positif dan tercermin dalam pembelian ulang yang konsisten. Loyalitas Pelanggan dapat dipengaruhi oleh banyak faktor termasuk kualitas layanan dan harga. Objek penelitian ini adalah Permata Land Rantauprapat Hotel.. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menginap di Hotel Permata Land Rantauprapat. Sampel dalam penelitian ini adalah 98 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil analisis regresi antara kualitas layanan til loyalitas pelanggan mendapatkan hasil positif dari 0035 hkd dan dari hasil pengujian hipotesis Menggunakan uji - t menunjukkan hasil sejumlah besar 10.532 dan up. 0,003 <a = 0,05. Hasil analisis regresi berganda antara harga kepuasan konsumen mendapatkan hasil positif dari 0734 dan dari hasil pengujian hipotesis Menggunakan uji t menunjukkan hasil sejumlah besar 11.583 dan up. 0.000 <a = 0,05. Dette kan kualitas konkluderede att layanan dan harga memiliki dampak positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Dahlan Muhadi, Djamudin, (2013). Analisis pengaruh kualitas layanan jasa dan penetapan harga terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen (Studi Kasus Pada Hotel Grand Cempaka)

Dwi Aryanti dan Febrina Rosinta (2010). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan

Engel, James F., Roger D. Black well, Paul W. Miniard. 2006. Perilaku Konsumen.

Terjemahan F.X. Budianto. Jakarta : Binarupa Aksara

Fiks Elinda, Nina ernawati, (2012).Analisis pengaruh faktor kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen ( Studi Kasus Pada Hotel Srikandi Bandungan,

Kabupaten Semarang )

Fuad, M, H Christine, Nurlela, Sugiarto,dan Paulus Y.E.F, 2006, Pengantar Bisnis, Erlangga, Jakarta.

Ghozali, Imam. 2006. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSSâ€.Semarang: Badan Penerbit Undip.

Ibnu, Widiyanto, 2008. Pointers : Metodologi Penelitian. Semarang: BP Undip

Kotler, Philip dan Gary Amstrong,2008, Prinsip-PrinsipPemasaran, Jilid 1, EdisiKeduabelas, Erlangga, Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani,2006, Manajemen PemasaranJasa, Salemba Empat,

Jakarta.

Laksana,Fajar, 2008, Manajemen Pemasaran,Graha Ilmu,Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v4i1.701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

ECOBISMA (Journal of Economics, Business and Management) [p-ISSN: 2477-6092] [E-ISSN: 2620-3391] managed by the Faculty of Economics and Business, Labuhanbatu University is disseminated under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-Share Alike 4.0 International License.
Based on work at http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.