PENGARUH KESEMPATAN PROMOSI, PELATIHAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT. RUBBER HOCK LIE RANTAUPRAPAT

Siti Lam’ah Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kesempatan Promosi, Pelatihan, dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada PT. Rubber Hock Lie Rantauprapat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pelaksana PT. Rubber Hock Lie Rantauprapat. Teknik penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode proporsionate random sampling. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui studi dokumentasi dan kuesioner yang pengukurannya menggunakan skala likert dan diolah secara statistik dengan program SPSS 20.00 for windows.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kesempatan promosi (X1), pelatihan (X2) dan lingkungan kerja (X3) secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. Rubber Hock Lie Rantauprapat yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Secara parsial dapat dilihat bahwa variabel kesempatan promosi (X1) dan lingkungan kerja (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. Rubber Hock Lie Rantauprapat, sedangkan variabel pelatihan (X2) memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. Rubber Hock Lie Rantauprapat. Nilai Adjusted R Square = 0,614, yang berarti 61,4% variabel terikat dijelaskan oleh variabel bebas sedangkan sisanya 38,6% dijelaskan oleh variabel lain yang diluar penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


Anbri, Alvi, 2010. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap

Kinerja Karyawanpada PT. Bank Central Asia, Tbk KCP PuloBrayan Medan”, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 2 No. 2.

Bangun, Wilson. 2012. ManajemenSumberDayaManusia.Jakarta :Erlangga.

Fribali, Budi Arief, 2014. “Pengaruh Pelatihan, Promosi Jabatan, serta Pemberian Insentif terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Bank SUMUT Kantor Cabang Utama Medan”, JurnalEkonomidanBisnis, Vol. 1 No. 3.

Ghozali, Imam. 2007. AplikasiAnalisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang :BadanPenerbitUniversitasDiponegoro.

Hasibuan, Malayu S.P. 2011. ManajemenSumberDayaManusia. Jakarta :BumiAksara.

Kuncoro, Mudrajad. 2009. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi (Edisi 3).Jakarta :Erlangga.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung :RemajaRosdakarya.

Nitisemito, Alex S., 2006. Manajemen Personalia:Manajemen Sumber Daya

Manusia.EdisiKetiga. Jakarta :Ghalia Indonesia.

Sedarmayanti, 2009.Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja.Bandung :MandarMaju.

Situmorang, Syafrizal Helmi dan Muslich Lutfi.2012. Analisis Data untuk Riset Manajemen dan Bisnis.Medan : USU Press.

Sugiyono, 2012.Metode Penelitian Bisnis. Bandung :Alfabeta.

Sunyoto, 2013.Teori, Kuisioner, dan Analisis Data Sumbe rDaya Manusia.Yogyakarta :

CAPS.

Sutrisno, Edy, 2013.ManajemenSumberDayaManusia. Jakarta :Kencana.

Tarigan, Epta Riana, 2011. “Analisis Pengaruh Kompensasi dan Promosi Jabatan Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai PT. Asuransi Jiwasraya Regional Office (RO) Medan”.Repository USU, Medan.




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v4i1.703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen) oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Labuhanbatu disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.