PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM)

Elvina, Elvina

Abstract


Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi media sosial terhadap perkembangan usaha kecil menengah (UKM), pengaruh media sosial terhadap peningkatan pemasaran UKM, dan pengaruh media sosial terhadap peningkatan produktivitas UKM. Studi ini menggunakan metode wawancara terstruktur, wawancara mendalam dan observasi terhadap UKM dan media sosial yang digunakan. Subyek dalam penelitian ini adalah pemilik, pengelola dan karyawan UKM yang dipilih secara purpose sampling. Studi ini menyimpulkan bahwa UKM yang diobservasi telah menggunakan media sosial dalam perusahaannya. Media sosial yang paling banyak digunakan adalah Facebook, Twitter dan Instagram

Full Text:

PDF

References


Alam, S.S., Noor, M.K.M., 2009. International Journal Of Business and Management. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Carter, J., 2014. Social Media Strategies in Small Business. Manchester: Manchester Metropolitan University

Chaterina, Intan. 2012. The Effect Of Customer Engagement In The Social MediaTowards Trust (Study To Facebook Sunsilk Indonesia) (Skripsi,UniversitasIndonesia, 2013, diterbitkan )

Edomwan, S., Prakasan, S.K., Kouame, D., Watson, J., Seymour, T., 2011. The History of Social Media and Its Impact on Business. The Journal of Applied Managementand Entrepreneurship, 16 (3), pp. 1-13.

Evans, Dave. 2008. Social Media Marketing An Hour A Day. Canada: Wiley Publishing, Inc

Evans, Dave. 2010. Praise for Social Media Marketing: The Next Generation of Business

Engagement. Indianapolis: Wiley Publishing, Inc.

Fandy, Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: PT ANDI Offset

Faraz Farooq, Zohaib Jan . 2012. The Impact of Social Networking to Influence Marketingthrough Product Reviews. Emerald Group Publishing Limited ISSN 2223-4985

Gurnelius, Susan. 2011. 30-minute Sosial Media Marketing. United States: McGraw-Hill Companies

Husein, Umar. 2000. Metodologi Penelitian, Aplikasi dalam Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Moch Hari Purwidiantoro, 2016. Pengaruh penggunaan media social terhadap usahakecil menengah (UKM). Jurnal EKA CIDA Vol. 1 No. 1 Maret 2016

Merril, T., Latham, K., Santalesa, R., Navetta, D., 2011. Social Media: The business benefit may be enermous, but can the risks-reputation, legal, operational-bemitigated? Information Law Group, Apr. p. 1-12.

Miller, R., Lammas, N., 2009. Social Media and its Implication for Viral Marketing. AsiaPacific Public Relation Journal, vol 11, pp. 1-9.

Puntoadi, Danis. 2011. Meningkatkan penjualan melalui media sosial. Jakarta: PT.

Gramedia Pustaka Utama.

Puntoadi,Danis. 2011. Menciptakan Penjualan Melalui Social Media, PT Elex Komputindo, Jakarta

Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta:

Bina Aksara

Tuten, Tracy. 2008. Advertising 2.0: Social Media Marketing in a Web 2.0 World,Greenwood Publishing Group

Zarrella, Dan. 2010. The Social Media Marketing Book. Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v2i1.722

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

ECOBISMA (Journal of Economics, Business and Management) [p-ISSN: 2477-6092] [E-ISSN: 2620-3391] managed by the Faculty of Economics and Business, Labuhanbatu University is disseminated under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-Share Alike 4.0 International License.
Based on work at http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.