LEADERSHIP DAN ETOS KERJA BERPENGARUH TERHADAP KINERJA

Zufrie, Zufrie

Abstract


Dalam dunia usaha atau suatu organisasi dibutuhkan personal yang mempunyai kinerja yang baik. Dengan kinerja yang baik maka tujuan persahaan akan dapat dicapai secara optimal.Untuk meningkatkan kinerja dibutuhkan sebuah etos kerja. Organisasi adalah alat untuk mencapai tujuan yang harus bisa memberikan kejelasan kepada salah seorang, status dalam organisasi baik dari segi ikatan, posisi dan peran. Salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja adalah perhatian terhadap leadership dan etos kerja untuk karyawan sebuah perusahaan. Kesediaan untuk bekerja keras dan keinginan untuk mempertahankan keanggotaan, meningkatkan kemampuan organisasi memerlukan leadership yang kuat agar terbangun hubungan interpersonal. Dalam situasi ini sebuah organisasi dibutuhkan leadership, norma dan praktik yang berlaku setiap hari. Leadership dan etos kerja merupakan dua hal yang di perlukan terhadap kualitas kinerja.

Full Text:

PDF

References


Pengukuran Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Anoraga, Panji. 1992. Psikologi Kerja. Jakarta: Penerbit PT. Rineka Cipta.

Bass dan Avolio. 2006. Organisasi Formal Kinerja Pegawai. Bandung: Yrama Widya.

Bain. 2002 dalam McNeese- Smith, 2006. Kinerja Sebagai Kontribusi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Khasanah, Uswatun. 2004. Etos Kerja Sarana Menuju Puncak Prestasi. Yogyakarta: Harapan Utama.

Kusnan, A., & Airlangga, U. 2004. Analisis Sikap Iklim Organisasi, Etos Kerja Dan Disiplin Kerja dalam Menentukan Efektivitas Kinerja Organisasi di GarnisunTetap III. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi ASIA Vol, 4(2). Surabaya. Malang.

Nawawi, 2015,Manajemen Sumber Daya Manusia,Universitas Gadjah Mada,Yogyakarta

Ostroff. 2002. Pengukuran Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Robbins SP, dan Judge. 2011.Perilaku Organisasi, Salemba Empat, Jakarta

Salamun, Sumardi, Sadilah, Emiliana, Sumintarsih, Sudijono, dan Suhartinah. 1995. Persepsi Tentang Etos Kerja: Kaitannya Dengan Nilai Budaya Masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan RI.

Siregar. 2000. Definisi Etos Kerja. Jurnal (online) http://jurnal-sdm. com/2010/10/etos-kerja-definisi-fungsi-dan-cara.html (diakses tanggal 21 Desember 2015).

Sukarno. 2002. Kinerja Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Bandung: Satu Nusa.

Sutisna, Entis. 2012. Etos Kerja dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Jurnal e-lib UNIKOM. Bandung. Vol 5. Hal 12-24.

Tasmara, Toto. 2002. Membangun Etos Kerja Islam. Jakarta: Gema Insani Pers.

Terry, George dan Leslie W. Rue. 2010. Dasar-Dasar Manajemen. Cetakan kesebelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Yamin, Martinis & Maisah, (2010).Standarisasi kinerja guru. Jakarta: GP Press.




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v2i1.724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

ECOBISMA (Journal of Economics, Business and Management) [p-ISSN: 2477-6092] [E-ISSN: 2620-3391] managed by the Faculty of Economics and Business, Labuhanbatu University is disseminated under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-Share Alike 4.0 International License.
Based on work at http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.