UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM INTERNALISASI NILAI-NILAI PLURALITAS AGAMA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PRILAKU SISWA SMA NEGERI 1 SUNGAI KANAN KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN.

Aziddin Harahap

Abstract


Kehidupan keagamaan di sekolah tak ubahnya sebagai sebuah Laboratorium pluralisme. Begitu pula halnya SMA Negeri 1 Sungai Kanan Labuhanbatu Selatan, adalah sebuah lembaga pendidikan menengah yang merangkul berbagai macam peserta didik dengan berbagai macam latar belakang agama maupun etnis. Perbedaan latar belakang agama dan etnis Jika disikapi, disadari serta diterima dengan ketulusan hati, maka akan melahirkan sebuah masyarakat sekolah yang harmonis. tujuan penelitian untuk mengetahui Realitas pluralitas agama, Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam Internalisasi nilai- nilai pluralitas Agama, Implementasi internalisasi nilai- nilai pluralitas Agama pada perilaku Siswa, Dan Implikasi Internalisasi nilai-nilai pluralitas agama pada prilaku siswa, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang meliputi:wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskripsi, reduksi, dan interpretasi. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, pelaksanaan pendidikan agama SMA Negeri 1 Sungai Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan terdiri dari pendidikan formal (sekolah) dan pendidikan Non Formal, Kurikulum yang digunakan adalah KTSP. Kedua, Upaya yang dilakukan guru (PAI) dalam mengaktualisasikan nilainilai pluralitas Agama di antaranya dengan: 1) Melakukan pengembangan materi pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan cara mengembangkan silabus, 2) memberi kepahaman kepada siswa akan arti pluralitas agama secara mendalam melalui pelajaran agama Islam yang didasarkan pada Al-Qur'an dan Hadits, 3) melakukan bimbingan-bimbingan keagamaan di luar Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas, dan 4) mengaktualisasikan nilai-nilai Pluralisme Agama kepada siswa dengan cara menjadi suri teladan yang baik. Ketiga Implementasi Pluralitas 1) Pembelajaran melalui pemberian materi, 2) Kegiatan Intra sekolah 3) Kegiatan Ekstra Sekolah 4) Menanamkan Hakikat Manusia sebagai Sifat Dasar 5) Akselerasi Informasi dan Komunikasi 6) Menyamakan Persepsi dan Membuat Kesepakatan 7) Dialog 8) Bersikap Adil keempat Implikasi Internalisasi Nilai-Nilai Pluralitas Terhadap Prilaku Siswa 1) Mendukung perayaan keagamaan yang melibatkan siswa yang berbeda Agama sebagai panitia dalam hal kegiatan-keagamaan dan non keagamaan. 2) Selalu melakukan komunikasi dengan siswa tanpa membedakan agama ataupun ras dan suku bangsa 3) Guru sebagai teladan memberikan contoh yang baik 4) Guru agama selalu merespon positif inisiatif siswa dalam hal perayaan keagamaan tertentu yang melibatkan siswa yang berbeda agama 5) Pembinaan dialog antarumat beragama dalam kegiatan bersama di luar kelas.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 1993, Manajemen Penelitian , Rineka Cipta, Jakarta

Aziz, Ahmad Amir, 1999, Neo-Modernisme Islam di Indonesia, Rineka Cipta,

Jakarta

Daradjat , Zakiah, 1987, Islam untuk Disiplin Ilmu Pendidikan ,Bulan Bintang

Jakarta

Haditono.S.R. 2002, Psikologi Perkembangan Pengantar dalam Berbagai

Bagiannya , Gadjah MadaUniversity Press., Yogyakarta

Pusat Bahasa Depertemen Pendidikan Nasional, 2003, Kamus Besar Bahasa

Indonesia , Balai Pustaka, Jakarta

Sugiyono, 2007, Memahami Penelitian Kualitatif, dilengkapi dengan Contoh

Proposal dan Laporan Penelitian, Alfabeta, Bandung

Syamsuri, t.t., Pendidikan Agama Islam Untuk SMA Kelas XII , Penerbit

Erlangga, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v5i1.79

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen) oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Labuhanbatu disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.