PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KEPERCAYAAN DAN KOMITMEN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA CV. SHOWROOM YULIA MOTOR

Parubahan Pohan, Elida Florentina Sinaga Simanjorang

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen pada CV. Showroom Yulia Motor, 2) untuk mengetahui pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas konsumen pada CV. Showroom Yulia Motor dan untuk mengetahui pengaruh komitmen terhadap loyalitas konsumen pada CV. Showroom Yulia Motor.Hipotesis penelitian adalah variabel kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada CV. Showroom Yulia Motor, variabel kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada CV. Showroom Yulia Motor dan variabel komitmen berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pada CV. Showroom Yulia Motor.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen pada CV. Showroom Yulia Motor, kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen pada CV. Showroom Yulia Motor dan komitmen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen pada CV. Showroom Yulia Motor.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Bowen, J, and Shoemaker, S (2006), Loyalty: A Strategy Commitment, Cornell

H.R.A,Quarterly, Vol 2. pp. 12-25.

Duffy Jo Ann M And Alice A Katehand (2006), Examining The Role of Servise

Satisfaction, Journal of ManagementIssues, Vol X Numller 2, Hal 240 –

Ghozali, Imam. 2006. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program

SPSS”.Semarang : Badan Penerbit Undip.

Garbarino, Ellen, Mrk S Johnson, 2006, The Different Roles of Satisfaction,

Trust, and Commitment in Customer Relationship, Journal of Marketing,

vol. 63 (April), pp 70 – 87.

Ibnu, Widiyanto, 2008. Pointers : Metodologi Penelitian. Semarang: BP Undip

Kotler, Philip dan Gary Amstrong,2008, Prinsip-PrinsipPemasaran, Jilid 1,

EdisiKeduabelas, Erlangga, Jakarta.

Moorman, Christin, Gerald Zaltman and Rohit Desphande (2006)

RelationshipsBeetwen Provider and Users of Market Researt : The

Dinamics Of TrustWithim and Between Organizations, Journal Marketing

Research, vol XXIX, 314-28

Mowen, J. Dan Minor, M 2006. Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga

Oliver, Richard L, 2006. Satisfaction, A Behavioral Perspective on The Custumer,

Mc Graw-Hill Companies inc: New York

Parasuraman, A. Valerie, A Zeuthaml and Leonard L Berry (2006) A Multiple

ItemScale for Measuring Customer Perception or Future Research, Journal

ofMarketing, Vol. 49 No.1

Sugiyono. 2007. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”. Bandung:

Alfabeta

Sutisna., 2007, Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran, Cetakan Ketiga,

Bandung: PT Remaja Posdakarya.

Tjiptono, Fandy & Gregorius Chandra. 2011. Service, Quality & Satisfaction

Edisi 3. Yogyakarta: ANDI

Utomo, Priyanto Doyo, 2006, Analisis Terhadap Faktor-Faktor Yang

MempengaruhiLoyalitas Konsumen Pada Operator Telepon Seluler.

Thesis: Universitas GadjahMada.

Wahyu Nugroho, “Loyalitas Konsumen”, artikel ini diakses pada 30 Januari 2014

dari http://wnugros.blogspot.com/2005/11/loyalitas-konsumen.html

Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v4i2.86

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen) oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Labuhanbatu disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.