PENGARUH DAYA TARIK IKLAN MOTIVASI KONSUMEN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MITSUBISHI PAJERO SPORT PADA PT. SUMATERA BERLIAN MOTOR RANTAUPRAPAT

Nurmayanti N, Abd. Rasyid Syamsuri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang paling dominan dan mengetahui seberapa besar pengaruh daya tarik iklan, motivasi konsumen dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada produk Mitsubishi Pajero Sport di Labuhanbatu. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 responden.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Purposive Sampling.Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda melalui perangkat lunak SPSS versi 16 dengan hasil yaitu: Y=0,618 X1 + 0,456 X2 + 0,579 X3 + e. Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikatorpada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Padapengujian asumsi klasik, model regresi bebas multikolonieritas, tidak terjadiheteroskedastisitas, dan terdistribusi secara normal.Urutan secara individu dari masing-masing variabel yang paling berpengaruhadalah variabel daya tarik iklan dengan koefisien regresi sebesar 0,618, lalu variabel motivasi konsumen dengan koefisien regresi sebesar 0,456 dan berpengaruh paling rendah.Sedangkan variabel kualitas produk dengan koefisien regresi sebesar 0,579.Model persamaan ini memiliki nilai F hitung sebesar 47,665 dan dengantingkat signifikansi 0,000. Dimana F hitung lebih besar dari F tabel (3,20) dan dengantingkat signifikansi yang lebih kecil dari α (0,05). Hal tersebut menunjukan bahwavariabel independen dalam penelitian ini berpengaruh secara bersama-sama terhadapvariabel dependen yaitu keputusan pembelian.

Full Text:

PDF

References


Agung Nugroho. 2006. Strategi Jitu memilih metode statistic penelitian dengan

SPSS.Yogyakarta:Gramedia.

Ghozali, Imam. 2005. Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang:

Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kasali, Rhenald. 2006 :Manajemen Periklanan Konsp dan Aplikasinya di

Indonesia. Jakarta : PT Pustaka Utama Grafiti.

Rangkuti, Freddy. 2006. Riset Pemasaran. Jilid 1 edisi 3, penerbit Erlangga.

Shimp, Terence A. 2003. Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi

Pemasaran Terpadu. Erlangga. Jakarta.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Kedelapan. CV Alfabeta.

Bandung.

Fandy Tjiptono. 2007. Manajemen Jasa. Edisi Keempat. Andi.Yogyakarta.

Aldaan Faikar Annafik. 2012. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Daya tarik

Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamahaâ€. Skripsi.

Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Nugroho J. Setiadi. 2008. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi (Untuk

Strategi dan Penelitian Bisnis Pemasaran). Jakarta: Prenada Media.

Lupioadi, R.2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2. Salemba Empat. Jakarta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan

R&D). Edisi 8. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Bumi Aksara.

Yogyakarta

Kotler, Philip. 1996. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan,

Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Penerbit Erlangga

------------------- dan Gary Armstrong. 1997. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta:

Prenhallindo

-------------------- dan Gary Armstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran.

Jakarta:

Penerbit Erlangga

----------------------------------------------- 2006. Prinsip-Prinsip Pemasaran.Jilid 1.

Jakarata: Penerbit Erlangga

------------------- dan K. L. Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Jakarta:

PT Index

------------------------------------------- 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid 2.

Jakarta: PT Index

Handoko, T. Hani dan Swastha, Basu. 2006, Manajemen Pemasaran: Analisa

PerilakuKonsumen, Edisi Pertama, Cetakan Ketiga, Penerbit BPFE,

Yogyakarta.

Zeithaml V.A., (1988), Consumer Perception of Price, Quality and Value : A

Means-EndModel and Synthesis of Evidence, Journal of Marketing, vol. 52.

Augusty,Ferdinand.2006.Metode Penelitian manajemen:Pedoman Penelitian

untuk Skripsi,Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen.Badan Penerbit

Universitas Diponegoro:Semarang.

Schiftman,Leon,G and Kanuk, Leslie Lazar.1994.Cunsomer Behavior 8th

edition.Perarson Prentice Hall.

Rully Priamitra dan Drs. Sugiono M.Si.2010.“Pengaruh Motivasi Konsumen,

Persepsi Kualitas Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian

Toyota Avanza di Semarang.Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi

Universitas Diponegoro

http://www.datapenjualanMitsundo.com diakses 20 Januari 2016

http://www.keunggulanMisubishidanToyotaterbaru.com diakses 20 Januari 2016

Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v4i2.87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

ECOBISMA (Journal of Economics, Business and Management) [p-ISSN: 2477-6092] [E-ISSN: 2620-3391] managed by the Faculty of Economics and Business, Labuhanbatu University is disseminated under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-Share Alike 4.0 International License.
Based on work at http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.