HUBUNGAN KUALITAS AIR BRSIH TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA PDAM TIRTA BINA RANTAUPRAPAT LABUHANBATU

Bayu Eko Broto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas air bersih terhadap tingkat kepuasaan konsumen pada PDAM Tirtabina Rantauprapat Labuhanbatu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tertutup dan dokumentasi. Dalam penelitian ini jumlah populasinya seluruh pelanggan PDAM Tirta Bina Rantauprapat Labuhanbatu yang berjumlah 7060 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan rumus Slovin maka sampelnya diambil sebanyak 99 orang responden.Teknik analisa datayang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik Koefisien Korelasi Product Moment.Hasil analisis uji korelasional dari rumus koefisien korelasi produk moment yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh indek koefisien korelasi hitung (rh) sebesar 0,617 pada taraf signifikan 95%, taraf nyata 5% dan tergolong kedalam kategori korelasi kuat. Sedangkan indeks koefisien korelasi tabel (rtab) sebesar 0,202. Hal ini berarti hipotesis yang menyatakan “Terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas air bersih terhadap tingkat kepuasaan konsumenâ€, diterima, karena indek (harga) koefisien korelasi hitung (rh) lebih besar> dari harga koefisien korelasi tabel (rtab) yakni 0,617< 0,202. Sedangkan pengujian hipotesis digunakan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas air bersih terhadap tingkat kepuasaan konsumen pada PDAM Tirtabina Rantauprapat Labuhanbatu maka dilakukan dengan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji keberartian dengan statistik t diperoleh hasil thitung > ttabel yaitu 7,721 > 1,660. Oleh karena itu Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat ditarik kesimpulan “terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas air bersih terhadap tingkat kepuasaan konsumen pada PDAM Tirtabina Rantauprapat Labuhanbatuâ€. Persentase hubungan antara kualitas air bersih terhadap tingkat kepuasaan konsumen pada PDAM Tirtabina Rantauprapat Labuhanbatu dilakukan dengan menguji koefisien determinasi sebagai berikut: D =ð‘Ÿð‘¥ð‘¦2ð‘¥ 100%diperoleh hasil sebesar 38,07%, sisanya 61,93% (100-38,07) dipengaruhi oleh faktor lain.

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2007. Manajemen Pema-saran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta.

Gaspersz, V. 2001. Analisa Untuk Pendekatan Kualitas, Jakarta: PT.Gramedia Pustaka

Utama.

Kristianto, Paulus L. 2010. Psikologi Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Mullins, J., Walker, O.C., Boyd, H. W. and Larreche, J.C. 2005. Marketing Management

: A Strategic Decision – Making Approach. New York: McGraw – Hill.

(http://thesis.binus.ac.id/ doc/ pustaka/2011-1-00468-mn%20pstk.pdf). Diakses

Tanggal 20 September 2016.

Silitonga, PM. 2011. Statistik.Medan: FMIPA Unimed.

Sudjana, Nana. 2010. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

. 2007. StatistikUntuk Penelitian. Bandung: Alfabet.

Suherman, E. (2003). Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan

Matematika. Bandung: Wijayakusumah.

Sunyoto, Danang. 2013. Teori, Kuesioner dan Analisis Data Untuk Pemasaran dan

Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Umar, Husein, 2002. Metode Riset Bisnis, Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama,




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v4i2.91

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

ECOBISMA (Journal of Economics, Business and Management) [p-ISSN: 2477-6092] [E-ISSN: 2620-3391] managed by the Faculty of Economics and Business, Labuhanbatu University is disseminated under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-Share Alike 4.0 International License.
Based on work at http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.