kepemimpinan pendidikan islam dalam perspektif gender

Astuti Nursangadah, Muhammad Yusuf Noor Kozain, Dimas Afrizal

Abstract


Gaya kepemimpinan pada era sekarang harus dibangun sejak dini dengan berbagai upaya salah satunya dengan pembinaan berkesinambungan. Setiap pemimpin memiliki perbedaan khusus baik itu pemimpin laki-laki  ataupun perempuan. Di era sekarang ini atau biasa disebut era globalisasi, istilah gender mungkin sudah tidak asing lagi, karena banyaknya wacana yang sangat berkembang tentang pengaruh gender disemua bidang, terutama dalam hal kepemimpinan di bidang pedidikan islam. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang kepemimpinan pendidikan islam dan gender. Metode yang digunakan yaitu studi pustaka (library research), yang menggunakan sumber-sumber berupa buku-buku dan artikel jurnal yang sesuai. Dalam hasil penelitin ini bahwa kesetaraan gender dalam memimpin khusunya dilembaga pendidikan bukanlah suatu hal yang tabu, karena pemimpin harus mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi dan penggerak bagi orang lain bisa berperan baik perempuan atau laki-laki yang mempunyai keterampilan sebagai seorang pemimpin.

Kata kunci: kepemimpinan, gender, pendidikan islam


Full Text:

PDF

References


Mosse, J. C. (2007). Half the Word, Harf A Chance, An Introduction to Gender and Development,(terj), Hartian Silawati, Gender dan Pembangunan. In Yogyakarta: RIFKA ANNISA Women’s Crisis Center ….

Mufidah, C. (2003). Paradigma gender. digilib.fisipol.ugm.ac.id. http://digilib.fisipol.ugm.ac.id/handle/15717717/11192

Riant, N. (2008). Gender dan Strategi Pengarus-Utamaannya di Indonesia. In Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Romdloni, R. (1978). Book Review: The TAO of Islam. Review of Social Economy.

Umi, S. (2008). Spektrum Gender. Malang. UIN-Malang Press.

Wahyuni, Z. M., Lestari, F., & Hasanah, U. (2020). Kepemimpinan Dan Gender Dalam Lembaga Pendidikan Islam. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(Special), 26–37.

Achmadi. Islam sebagai pradigma Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media,1992.

Yutimaalatuzaka, Gender dan Pengembangan Pemikiran Pendidikan Islam, dalam Jurnal Pendidikan Islam, Vol III, No 02, Desember 2016

Syaukani, S. Y. (2021). PEMIKIRAN FATIMA MERNISSI TENTANG PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF GENDER. TaLimuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 24-41.

Umar, Nasaruddin, dkk. 2002. Pemahaman Islam dan Tantangan Keadilan Gender. Jogjakarta: Gama Media.

Wahyudi. 2015. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization). Bandung:Alfabeta.

Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Pentafsir Al-Qur’an. 1971. Al Qur’an dan Terjemahnya.

Bush, Tony dan Marianne Coleman. 2006. Leadership Strategic Management in Education (Manajemen Strategis Kepemimpinan Pendidikan). Jogjakarta: IRCiSoD.




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v8i2.2234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Astuti Nursangadah, Muhammad Yusuf Noor Kozain, Dimas Afrizal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)